Connect with us

Hukum

Ini Alasan KPK Tak Hadiri Sidang Praperadilan Imam Nahrawi

Published

on

Ilustrasi / Net

Realitarakyat.com – Sidang praperadilan yang diajukan mantan Menpora Imam Nahrawi ditunda oleh pihak pengadilan. Penundaan lantaran tim biro hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak hadir dalam persidangan.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengaku pihaknya tak hadir lantaran sedang mempelajari permohonan praperadilan.

“Saat ini, KPK sedang mempelajari permohonan praperadilan yang diajukan tersangka IMR tersebut,” kata Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (22/10/2019).

Febri menepis bila ketidakhadiran tim biro hukum KPK ke sidang sebagai langkah mengulur-ulur waktu. Sebab, KPK disebut Febri yakin betul proses penyelidikan dan penyidikan terhadap Imam sesuai dengan prosedur hukum serta didasarkan pada bukti yang kuat.

“Bahkan penetapan IMR sebagai tersangka merupakan pengembangan lebih lanjut dari OTT di Kemenpora dan fakta-fakta yang muncul di persidangan,” kata Febri.

“Sebagian besar alasan yang diajukan oleh tersangka sudah cukup sering digunakan para pemohon praperadilan lain sehingga sebenarnya relatif tidak ada argumentasi baru,” ujar Febri.

Febri turut menyebutkan alasan permohonan itu, antara lain soal tidak pernah diperiksanya Imam sebagai calon tersangka hingga berkaitan dengan penahanannya tidak sah bila dikaitkan dengan ‘penyerahan mandat’ pimpinan KPK. Menurut Febri, alasan-alasan itu sudah sering ditolak dalam praperadilan.

“Alasan ini sudah sering ditolak hakim, karena memang UU KPK mengatur secara khusus, bahwa sejak proses penyelidikan, KPK sudah mencari alat bukti, sehingga ketika ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka pada saat penyidikan dimulai sekaligus dapat dilakukan penetapan tersangka,” ucap Febri.

“Sedangkan terkait penahanan yang dihubungkan dengan ‘penyerahan mandat’, KPK telah menegaskan bahwa pimpinan KPK tetap bertugas sesuai dengan keputusan presiden sampai dengan 21 Desember 2019 ini. Dan sampai saat ini tidak ada Keputusan Presiden tentang pemberhentian Pimpinan KPK,” imbuhnya.

Imam dijerat KPK sebagai tersangka dalam pengembangan kasus suap terkait dana hibah KONI dari Kemenpora. Imam juga telah ditahan KPK.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

KPK Periksa Bekas Sekda Kota Medan

Published

on

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah
Continue Reading

Daerah

Pengemudi Pick Up Ditembak Orang Tak Dikenal

Published

on

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota Iptu Bobby Jacob Mooy Nafi. (Foto: Ist)
Continue Reading

Hukum

Bos First Travel Ingin Ajukan PK

Published

on

Continue Reading




Loading…