Connect with us

Daerah

Terancam Roboh, Jembatan Noebunu Perlu Segera Diperbaiki

Published

on

Jembatan Noebunu yang terancam roboh bila tidak segera diperbaiki. (Foto: Realitarakyat.com/sim)

Realitarakyat.com Jembatan Noebunu yang menghubungkan Kecamatan Amanuban Timur, Fatukopa, Amanatun Utara, Toianas, Kokbaun, Santian dan Boking, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Hal itu karena jembatan yang pernah rusak dan diperbaiki Januari 2019 lalu, kembali rusak.

Namun hingga kini, jembatan itu belum juga diperbaiki. Saat itu, jembatan Neobunu yang roboh diantisipasi dengan empat buah besi baja, untuk dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Namun, sambungan tersebut hanya dapat menahan beban 1.000 Kg. Saat ini, sisi kanan jembatan tersebut kembali terancam roboh pada musim hujan. Karena sambungan tersebut dimuat di atas tanah, yang kondisinya sangat tidak menjanjikan untuk bertahan.

Ditambah lagi, satu besi baja yang dipasang sudah bengkok akibat sering dilalui oleh kendaraan yang mengangkut alat berat. Hal itu membuat anggota DPRD Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Viktor Soinbala prihatin.

Apalagi, jembatan Noebunu belum masuk dalam rencana pembangunan. Sehingga, dia bertekad untuk memperjuangkan hal tersebut dalam pembahasan APBD tahun 2020.

“Belum ada rencana untuk pembangunan/perbaikan jembatan tersebut. Sehingga dalam pembahasan APBD 2020, saya bersama teman-teman dari daerah pemilihan (dapil) 3 akan memperjuangkan untuk bisa diperbaiki,” ucapnya kepada realitarakyat.com melalui sambungan telepon.

 

Pekerjaan Darurat

Dengan belum adanya perencanaan, lanjutnya, maka dipastikan bahwa dalam tahun ini belum dapat diperbaiki. Namun dia meminta minimal ada pekerjaan darurat.

“Agar jangan sampai jembatan sampai putus. Karena hal itu tentu menghambat transportasi,” kata anggota dewan dari Partai Amanar Nasional itu. Dia juga meminta kepada Pemda TTS untuk segera mengambil tindakan antisipasi putusnya transportasi dari beberapa Kecamatan tersebut.

Dia berharap, pemda tidak tinggal diam. Walaupun belum ada perencanaan, pemda harus mengambil tindakan yang dapat memungkinkan masyarakat untuk bisa melalui jembatan tersebut.

Karena jembatan tersebut merupakan jalur yang selama ini dilalui masyarakat dari dan menuju  ibu kota kabupaten dan ibu kota provinsi. Apalagi pada musim hujan, air di sungai tersebut akan meluap dan jalan alternatif yang dibuat melalui kali pun tidak bisa dilewati.

“Saya sering melewati jembatan Noebunu. Sehingga jika tidak segera diperbaiki, bisa saja ambruk. Apalagi sebentar lagi musim hujan. Mumpung masih panas, segeralah dikerjakan sebagai langkah antisipasi,” ucapnya.[sim/sas]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Ketua Pengadilan: Mantan Kadis PU TTS Bisa Ditahan

Published

on

Ketua PN Kelas IA Kupang, Dju Jhonson Mira Mengi, S. H, MH
Continue Reading

Daerah

Api Kembali Berkobar di Lantai 2 SMK Yadika 6

Published

on

Seorang pegawai berusaha memadamkan api yang muncul kembali dari lantai 2 SMK Yadika 6. (Foto: realirarakyat/Wisnu Yusep)
Continue Reading

Daerah

Ini Penampakan SMK Yadika 6 Pasca Terbakar

Published

on

SMK Yadika 6 pasca terbakar hebat. (Foto: realitarakyat.com/Wisnu Yusep)
Continue Reading




Loading…