Connect with us

Kesehatan

Penderita Diabetes Tak Berarti Pantang Konsumsi Makanan Ini

Published

on

Realitarakyat.com – Banyak anggapan, penderita diabetes selalu berhadapan dengan permasalahan makanan. Tidak sedikit jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi para penderita penyakit yang satu ini.

Namun berdasarkan hasil penelitian terbaru, menyebutkan bahwa penderita diabetes bukan berarti tidak bisa menikmati makanan kesukaan.

Betul, orang yang menderita diabetes dianjurkan menjalankan terapi pengaturan pola makan. Ini merupakan rekomendasi The American Diabetes Association (ADA) berdasarkan hasil penelitian terbaru mereka mengenai pedoman diet untuk diabetes.

Hasil penelitian tersebut, menggantikan hasil penelitian sebelumnya yang ditemukan pada tahun 2008. Penelitian terbaru ini menyebutkan bahwa orang yang menderita diabetes tidak harus memangkas salah satu kandungan gizi dalam makanan, namun lebih menekankan pada pengaturan jumlah makanannya.

Jadi penderita diabetes, sebaiknya tetap mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bervariatif dengan komposisi gizi yang seimbang.

Misalnya, dalam satu piring, Anda disarankan memenuhinya dengan makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, al dan serat.

“Tujuan penting dari terapi gizi ini, selain untuk membuat pola makan yang sehat, juga untuk membentuk kebiasaan hidup sehat,” ucap Alison Evert, koordinator Diabetes Care Center, University of Washington Medical Center, sebagaimana dikutip www.ncbi.nlm.nih.gov, baru-baru ini.

Pedoman baru ini juga mengatakan bahwa tidak ada bukti yang pasti berapa jumlah asupan karbohidrat yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Namun, ADA menyarankan karbohidrat yang dikonsumsi sebaiknya karbohidrat yang berasal dari sayuran, biji-bijian, buah dan kacang-kacangan, daripada sumber karbohidrat lain yang banyak mengandung gula dan lemak tambahan serta natrium.
Daripada memaksakan diri untuk jadi vegetarian atau menjalani diet rendah karbohidrat, Anda sebaiknya mulai menerapkan pola makan yang sesuai dengan kemampuan dan gaya hidup Anda.

Makan makanan yang Anda sukai dengan kandungan gizi yang tepat akan membuat hidup Anda lebih sehat.

Dalam memilih pola makan yang sesuai, penderita diabetes juga harus memerhatikan tujuannya, seperti mengontrol asupan glukosa dan tekanan darah serta menjaga kualitas hidup. Beberapa rekomendasi lain yang disebutkan oleh penelitian terbaru adalah:

1. Penderita diabetes harus menghindari minuman dengan pemanis buatan untuk mengurangi risiko kenaikan berat badan dan mencegah risiko kardiovaskular yang dapat memperparah diabetes.

2. Kurangi konsumsi natrium, yang biasanya terdapat pada garam atau makanan berpengawet sampai kurang dari 2300 mg per hari. Jumlah ini juga baik untuk masyarakat umum tanpa diabetes.

3. Berbagai suplemen omega 3 untuk mencegah penyakit kardiovaskular tidak memberikan manfaat bagi penderita diabetes. Sebaiknya Anda mengonsumsi ikan berlemak seperti ikan salmon dua kali seminggu.

4. Tidak ada bukti yang mendukung penggunaan kayu manis, herbal lain atau suplemen untuk pengobatan diabetes. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Komisi IX Siap Bentuk Panja Bila Iuran BPJS Tetap Naik

Published

on

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Ist)
Continue Reading

Kesehatan

Dari Januari Sampai November, BPOM Ungkap 96 Kasus Peredaran Kosmetik Ilegal

Published

on

Ilustrasi Kosmetik / Net
Continue Reading

Kesehatan

Menkes Klaim JKN Telah Dilaksanakan Sepenuhnya

Published

on

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…