Connect with us

Ragam

Mahasiswa Tuntut Jokowi Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu

Published

on

Forum Mahasiswa Bersatu (FMB) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kampus IISIP, Lenteg Agung, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019). Mereka menuntut Presiden Jokowi menuntaskan kasus dugaan pelanggaran HAM masa lalu. (foto: walda marison/kompas.com)

Realitarakyat.com – Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Bersatu (FMB), menggelar aksi unjuk rasa di depan Kampus Institute Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).

Dalam tuntutannya, mereka menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menuntaskan kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Kasus pelanggaran HAM masa lalu, belum dituntaskan sejak awal pemerintahan Jokowi di periode pertama hingga sekarang.

“Sejauh ini kami dari mahasiwa belum pernah melihat sikap pemerintahan Jokowi untuk mengusut tuntas kasus dugaan pelanggaran HAM masa lalu,” ujar Juru Bicara FMB, Gibran, di depan kampus IISIP Jakarta, Senin (21/210/2019).

Dalam orasinya, Gibran menilai, Jokowi hanya mengumbar janji menuntaskan kasus pelanggaran HAM masa lalu untuk kepentingan politik yang bertujuan mendapatkan hati rakyat demi menjadi presiden RI.

Dikatakannya, banyak kasus dugaan pelanggaran HAM baru yang terjadi di masa pemerintahan Jokowi. Dia merujuk pada tindakan represif yang berujung jatuhnya korban beberapa mahasiswa saat demo mahasiswa besar besaran pada 24 September 2019 lalu.

“Hari ini kita justru dibenturkan oleh permasalahan baru terkait pelanggaran HAM. Artinya itikad baik belum terlihat,” kata dia.

Karenanya, di masa jabatan periode kedua ini, dia meminta Jokowi serius menuntaskan kasus pelanggaran HAM.

Dengan dituntaskan kasus HAM di masa lalu, dia yakin bangsa akan menjadi lebih besar dan bermartabat karena tidak terikat lagi dengan dosa yang belum selesai di masa lalu. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Kominfo Bakal Tindak Nomor Seluler Nggak Jelas

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Lingkungan Hidup

BMKG Bantah Prediksi Akan Terjadi Kekeringan Panjang

Published

on

Ilustrasi (Net)
Continue Reading

Ragam

PPP akan Usulkan Mbah Moen Sebagai Pahlawan Nasional

Published

on

Almarhum KH Maimoen Zubair. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…