Connect with us

Nasional

Koalisi Seberang Siap-siap Gigit Jari, Hanya Gerindra yang Masuk Kabinet?

Published

on

Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Imannuel Ebenezer. (foto: Ari Saputra/detik.com)

Realitarakyat.com – Partai koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno pada Pilpres lalu, harus gigit jari. Pasalnya, Presiden Joko Widodo sudah memastikan tidak ada partai lain di kubu seberang selain perwakilan Partai Gerindra yang masuk dalam Kabinet Kerja Jilid II.

Kepastian itu, disampaikan Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Imannuel Ebenezer, usai pertemuan relawan dengan Presiden Jokowi, tadi malam.

“Pak Jokowi memastikan, selain Gerindra tidak ada. Alasannya, pak Jokowi ingin tetap ada oposisi di parlemenm,” ujar Imannuel.

Namun begitu, menurut dia, Jokowi mengaku hampir semua partai oposisi menginginkan masuk. Namun Presiden memiliki pertimbangan sendiri, sehingga tidak bisa mengakomodiri semuanya.

“Pak Jokowi dengan tegas mengatakan tidak bisa semua masuk. Kalau semua masuk dalam pemerintahan, itu tidak baik dalam demokrasi,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Minggu malam, Presiden Joko Widodo bertemu dengan kelompok relawan pendukungnya. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan bocorannya soal menteri-menterinya yang akan bergabung dalam Kabinet Kerja Jilid II untuk lima tahun ke depan.

Ketika mendengar Gerindra dalam jajaran kabinet, Imannuel mengaku agak kecewa. Namun tetap dirinya menghargai keputusan Presiden seperti itu .

“tentu kita sedikit kecewa ya. Tapi seluruh relawan menghormati keputusan Presiden itu,” katanya menambahkan.

Terkait pengumuman susunan kabinet, Presiden Jokowi memastikan akan disampaikan bersama Maruf Amin pada Senin (20/10/2019) pagi ini.

Kepastian itu, dia sampaikan Jokowi sebelum dilantik sebagai presiden di gedung DPR/MPR, kemarin.

“(Kabinet) sudah rampung, selesai. Nanti besok pagi saya kenalkan,” kata Jokowi, kepada wartawan, di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019).

Jokowi mengatakan, pengumuman kabinet diakukan pada Senin pagi, karena Maruf Amin akan berangkat ke Jepang pada Senin malamnya.

Jokowi juga menyebut, menteri yang ia kenalkan besok akan segera dilantik. Namun, ia tak menyebutkan apakah pelantikan itu di hari yang sama atau berbeda. “Dikenalkan dulu, kemudian dilantik,” kata dia. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Perampasan Aset First Travel untuk Negara Tak Berdasar

Published

on

Ilustrasi. (Ist)
Continue Reading

Nasional

Berkarya Sambangi PKS, Pengamat: Itu Langkah Perkuat Oposisi

Published

on

Continue Reading

Nasional

Indonesia Harus Lindungi Rakyat Palestina

Published

on

Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Abdul Kharis Almasyhari. (Foto: Ist)
Continue Reading




Loading…