Connect with us

Nasional

Disayangkan, Jokowi Tak Singgung Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi

Published

on

Peneliti Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum) Ferdian Andi. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Pidato perdana Joko Widodo usai dilantik sebagai presiden untuk periode kedua pada Minggu (20/10/2019) lalu, disayangkan. Sebab, pidato tersebut sama sekali tidak menyinggung persoalan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

“Ketiadaan isu penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dalam pidato Presiden, cukup disayangkan. Karena persoalan ekonomi dan penataan birokrasi, semua dimulai dari penegakan hukum yang kuat dan ketiadaan praktik korupsi,” kata Peneliti Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum) Ferdian Andi, Senin (21/10/2019).

Akademisi Universitas Bhayangkara tersebut menilai, persoalan hukum dan korupsi merupakan hulu dari berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia. Dengan kata lain, jika penegakan hukum dan pemberantasan korupsi di jalur yang benar, maka sektor-sektor lainnya juga akan mengikutinya.

“Memperhatikan ketiadaan isu hukum dan korupsi dalam pidato perdana di periode kedua kemarin, semakin membuktikan bahwa mantan Walikota Solo tersebut menunjukkan kurang kuatnya kehendak politik pemerintah. Khususnya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan hukum dan HAM di Indonesia,” ujarnya.

Adapun masalah pemberantasan korupsi yang juga tidak disinggung dalam pidato perdana Jokowi, juga tidak mengejutkan. Kegaduhan perubahan UU KPK menjadi UU No 19/2019, menunjukkan ketidakseriusan pemerintahan Jokowi. “Yakni dalam agenda pemberantasan korupsi dan proses hukum di Indonesia,” tandasnya.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Wamenag Minta Aset First Travel Dikembalikan Ke Jemaah

Published

on

Wamenag Zainut Tauhid / Net
Continue Reading

Nasional

KY Gelar Seleksi Wawancara Empat Calon Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial pada MA

Published

on

Continue Reading

Nasional

Menteri Fahcrul Klaim Pecinta Celana Cingkrang

Published

on

Menteri Agama RI, Fahcrul Razi / Net
Continue Reading




Loading…