Connect with us

Daerah

Pantai Karangjahe Masuk Nominasi Lomba Desa Wisata Nasional

Published

on

Realitarakyat.com – Tak dipungkiri, Kabupaten Rembang merupakan daerah yang terkenal akan keindahan pantainya. Salah satunya yang terdapat di Desa Punjulharjo dengan pantai Karangjahe-nya. Pantai tersebut, kini masuk dalam nominasi untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam lomba desa wisata nusantara 2019 tingkat nasional.

Dari 158 peserta desa wisata se Indonesia yang telah diverifikasi atau diseleksi melalui kiriman video, tersisa 28 desa yang tersebar di seluruh nusantara, termasuk desa Punjulharjo yang telah memenuhi seleksi awal.

Saat ini, tim verifikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, tiba di Rembang untuk melakukan tahap verifikasi lebih lanjut ke Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang.

Mereka disambut dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto, di rumah dinas Bupati, Rabu (16/10/2019).

Wakil bupati, dalam sambutannya di hadapan tim verifikasi mengatakan, Pantai Karangjahe di Desa Punjulharjo merupakan salah satu tempat berlibur yang banyak digemari para wisatawan. Baik dari wisatawan lokal maupun luar daerah sering menghabiskan waktu liburannya ke pantai Karangjahe.

Jika membahas wisata di Kabupaten Rembang, ada banyak sekali tempat wisata yang berhubungan dengan pantai. Selain Pantai Karangjahe, terdapat pula Pantai Caruban, Pantai Nyamplung, Hutan Mangrove atau biasa disebut Jembatan Merah, hingga Pantai Balong Mulyo, di Kecamatan Kragan, dan Pantai Wates di Kecamatan Kaliori.

Menurutnya, Kabupaten Rembang memiliki potensi wisata pantai yang luar biasa yang tidak dimiliki Kabupaten lain.
Dengan potensi tersebut Pemkab juga untuk menguatkan partisipasi masyarakat, kerjasama dan kemandirian masyarakat yang dilandasi dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi melalui destinasi desa wisata.

“Alhamdulillah sekarang muncul gerakan-gerakan Bumdes, akhirnya di situlah yang saya harapkan, yang saya inginkan, yang saya cita-citakan pemberdayaan masyarakatnya muncul. Ketika pemberdayaan masyarakatnya muncul, di situlah ada ‘multiplayer efect’ terhadap perekonomian. Rasa memiliki desanya, pembangunan desanya, akhirnya antara desa satu sama yang lain berlomba menampilkan sesuatu hal yang sifatnya potensi desanya menjadi sebuah unggulan,” kata Wabup Bayu.

Dia berharap, dalam penilaian tim verifikasi lomba desa wisata nusantara Desa Punjulharjo melalui pantai Karangjahenya dapat berjalan lancar. Dan desa yang memiliki pesona pantai yang indah itu mampu melenggang ke tahapan berikutnya dalam Lomba Desa Tingkat Nasional.

Sementara itu, Ketua tim verifikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Iwan Yuliadi menyebutkan, lomba Desa Wisata Nusantara 2019 diikuti sebanyak 158 desa dari 90 kabupaten dan 25 provinsi se Indonesia.

Ada beberapa hal yang perlu dilihat dalam desa wisata sehingga memiliki kategori baik. Tahap verifikasi yang dilakukan diantaranya lapangan atau titik lokasinya seperti apa, infrastruktur penunjang, serta administrasi dan pembukuannya.(ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Kurangi Kemacetan, Pemkot Bandung Bakal Tutup Pintu Keluar Parkiran PVJ

Published

on

Mall Paris Van Java / Net
Continue Reading

Daerah

Dipanggil BK, Willian Aditya Tak Ambil Pusing

Published

on

William Aditya PSI / Net
Continue Reading

Daerah

Wali Kota Bekasi Masih Kaji Pemisahan PDAM Tirta Bhagasasi

Published

on

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi / Net
Continue Reading




Loading…