Connect with us

Nasional

NPHD Cair, Anggaran Harus Dibagi Proporsional

Published

on

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Racmat Bagja. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sejumlah wilayah yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) sebentar lagi akan terselesaikan. Karenanya, daerah diharapkan dapat melakukan pemerataan anggaran demi menyongsong pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan di Pilkada Serentak 2020.

“Pemerataan yang dimaksud bukan soal kuantitas yang sama, namun terkait keseimbangan kebutuhan anggaran masing-masing divisi,” kata anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Racmat Bagja, Rabu (16/10).

Menurutnya, pada terapannya masih ada divisi-divisi yang kekurangan anggaran, sehingga berpengaruh pada kinerja. Sulit dibayangkan bila pengawasan penindakan dan sengketa, namun anggarannya rendah.

“Karena, pengawasan adalah kerja utama Bawaslu. Untuk menegakkan keadilan, dibutuhkan anggaran yang mencukupi. Maka dari itu, kami mendorong bagian terkait untuk dapat menetapkan keadilan dalam mengalokasikan anggaran,” ujarnya.

Sehingga, tidak ada divisi yang dianaktirikan. Apalagi, yang dibicarakan adalah lembaga secara keseluruhan. Karenanya, anggaran penting untuk dibagi secara proporsional.

“Anggaran penting untuk menyusun program kerja. Jangan no action talk only, karena ini adalah pekerjaan rumah kita. Sehingga, kita harus bisa bekerjasama menyelesaikan visi misi menegakkan keadilan di penanganan penindakan, pengawasan dan SDM. Itu semua harus adil,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

KPU Kekeuh Mantan Koruptor Tak Boleh Maju dalam Pilkada

Published

on

Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi. (foto/net)
Continue Reading

Nasional

Munas 2019, Pengamat: Elite Golkar Cenderung Manut pada Penguasa

Published

on

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Nyarwi Ahmad. (foto: ist/net)
Continue Reading

Nasional

Hamzah Haz Minta Sukmawati Hati-Hati Jika Berbicara

Published

on

Continue Reading




Loading…