Connect with us

Hukum

MK Minta PSI Perbaiki Gugatan Pasal Batasan Minimal Umur Kepala Daerah

Published

on

Hakim Konstitusi, Saldi Isra / Net

Realitarakyat.com – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pendahuluan gugatan yang diajukan beberapa politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) soal batasan minimal umur maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu (16/10/2019).

Gugatan tersebut dilayangkan oleh politisi Faldo Maldini bersama Tsamara Amany, Dara Adinda Kesuma Nasution dan Cakra Yudi Putra menggugat syarat minimal usia calon kepala daerah. Faldo saat ini berusia 29 tahun, Tsamara berusia 23 tahun, Dara berusia 24 tahun dan Cakra berusia 23 tahun, meminta batas syarat minimal calon gubernur, yaitu 30 tahun, diturunkan.

Dalam sidang itu, Hakim Konstitusi, Saldi Isra menilai, permohonan yang diajukan Faldo dkk perlu diperbaiki karena argumentasi yang kurang jelas soal batasan umur untuk maju dalam pilkada.

“Yang paling penting adalah memberikan basis argumentasi mengapa Pasal 7 bertentangan dengan Pasal 18 sebagai pasal yang dianggap menerangkan batas usai tanpa mengubahnya itu bertentangan dengan pasal berapa di konstitusi. Mesti diberikan bangunan argumentasi yang jelas,” kata Saldi saat memimpin sidang.

Menurut Saldi, ada poin-poin gugatan yang tak dikuatkan dengan argumentasi. “Kalau ada dijelaskan di posita kalau muncul dia di petitum, nah itu permohonan yang ada hubungan antara apa yang ada posita dan dimohonkan dalam petitum,” ujar Saldi.

Hakim Saldi juga meminta Faldo dkk menjelaskan secara eksplisit berapa usia minimal seseorang untuk dibolehkan maju dalam pilkada.

“Saran-saran dari majelis panel, yang paling mendasar adalah apakah mau menghilangkan umur sama sekali atau mau mempertahankan umur berapa. Anda pun harus menjelaskan kepada kami mengapa memilih umur tertentu sebagai batas minimal,” imbuhnya.

Dalam sidang tersebut, hakim memberikan waktu perbaikan 14 hari kepada Faldo cs sebagai pemohon. Batas akhir penyerahan perbaikan itu adalah 29 Oktober 2019.

Gugatan itu dikuasakan kepada Rian Ernest Tanudjaja. Kop gugatan menggunakan logo PSI. Dalam UU Pilkada tersebut, syarat minimal cagub/cawagub adalah 30 tahun dan 25 tahun untuk calon bupati/calon wakil bupati.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Polda Metro Jaya Diminta Tertibkan Skuter Listrik

Published

on

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI Sarifuddin Sudding. ( Foto: ist/net)
Continue Reading

Hukum

KPK Sebut Belum Terima Salinan Vonis Bebas Sofyan Basir

Published

on

Sofyan Basir / Net
Continue Reading

Daerah

Polres Kupang Limpahkan Berkas Kasus Pengerusakan Mobil Brimob ke Kejari

Published

on

Kajari Kabupaten Kupang, Shirley Manutede / ist
Continue Reading




Loading…