Connect with us

Luar Negeri

Harga Roti Naik 60 Persen

Published

on

Ilustrasi / Net

Realitarakyat.com – Melonjaknya biaya produksi membuat harga jual roti ikut naik. Nggak kira-kira, naiknya hingga 60 persen. Bahkan, kenaikan itu terjadi hanya dalam waku semalam saja.

Informasi tersebut sebagaimana disampaikan asosiasi para pembuat roti, seperti dikutip dari Reuters, Rabu malam (16/10/2019).

Roti memang panganan kedua yang paling banyak dikonsumsi di Zimbabwe. Pada hari Selasa kemarin, harga panganan itu masih di kisaran 9,45 dolar Zimbabwe. Hari ini, harganya tembus mencapai 15 dolar Zimbabwe atau setara dengan 0,97 dolar AS (jika dalam mata uang rupiah Rp 13.765).

Tingginya harga roti menambah beban masyarakat di tengah naiknya berbagai harga kebutuhan pokok akibat inflasi sebesar tiga digit di Zimbabwe.

Menurut Presiden Asosiasi Pembuat Roti Nasional Zimbabwe, Denis Wala, tingginya harga bahan bakar minyak, listrik, dan adanya pemadaman bergilir memaksa pengusaha memakai generator berbahan solar agar roti dapat terus dibuat.

“Para pembuat roti tidak sanggup membiayai semua biaya produksi itu sehingga mereka harus menaikkan harga,” kata Wala.

Walaupun harga naik, roti masih cukup sulit ditemukan sampai Rabu ini karena banyak toko mengaku belum menerima persediaan dari produsen.

Hiperinflasi

 

 

Saat Hiperinflasi 1 Dolar AS setara dengan 35.000.000.000.000.000 Dolar Zimbabwe / Net

Rakyat Zimbabwe saat ini menghadapi krisis ekonomi cukup parah yang kembali mengingatkan mereka terhadap pengalaman hiperinflasi di bawah kepemimpinan mendiang Presiden Robert Mugabe.

Di bawah kendali Mugabe, banyak warga kehilangan uang pensiun dan tabungannya, bahkan banyak toko terpaksa tutup karena merugi.

Presiden Emmerson Mnangagwa yang mengambil alih kepemimpinan di Zimbabwe lewat kudeta militer pada 2017 meminta warga bersabar.

Pemerintah tengah meyakinkan masyarakat bahwa sejumlah kebijakan akan dibuat guna mengatasi kelangkaan energi, bahan bakar minyak, dan obat-obatan.

Pemerintah juga berjanji akan membantu rakyat Zimbabwe bertahan dari kekeringan yang menyebabkan produksi bahan pangan menurun.

Data terakhir pada Juni menunjukkan, inflasi di Zimbabwe mencapai 175 persen. Nilai itu menjadi angka inflasi tertinggi sejak Zimbabwe mengalami hiperinflasi pada masa Mugabe pada 2009. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Luar Negeri

Pemuda Palestina Tewas Didor Pasukan Israel

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Luar Negeri

Ada Hal Baru, Hakim Tunda Sidang Kasus Pemerkosaan PRT Sumbawa

Published

on

Terdakwa Pemerkosaan PRT Sumbawa, Paul Yong Choo Kiong / Net
Continue Reading

Luar Negeri

Topan Bulbul Tewaskan 12 Orang

Published

on

Topan Bulbul Bangladesh / Net
Continue Reading




Loading…