Connect with us

Daerah

Danramil Kota Soe Pimpin Pemadaman Karhutla

Published

on

Realitarakyat.com – Kejadian kebakaran lahan, baik kawasan hutan maupun lahan pertanian di wilayah Kodim 1621/TTS kian marak. Hal ini disebabkan karena faktor kelalaian manusia untuk menjaga lingkungan yang bersih dan asri. Seperti yang terjadi kebakaran lahan milik Yan Lobo, warga kelurahan Cendana pada Rabu (16/10/2019).

Kejadian yang berada di jantung kota Soe tentunya menjadi titik perhatian semua pihak apa lagi lahan yang dibakar cukup luas, yakni 1 hektare.

Dari keterangan pemilik lahan Yan Lobo, bahwa mereka sengaja membakar lahan untuk mempermudah pembersihan sehingga rumput langsung bersih dan tinggal gali tanah.

Danramil 1621-01/Soe Kapten Arh.Oktovianus Diwi yang memimpin langsung pemadaman api menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan pemilik lahan untuk membakar belukar itu tidak bagus dan menyalahi aturan.

“Karena menimbulkan banyak resiko, seperti kebakaran bisa meluas kemana mana, dapat mengakibatkan polusi udara, membunuh bakteri pembentuk humus tanah dan masih banyak lagi,” katanya.

Untuk itu, Okto mengingatkan bahwa kejadian ini harus dijadikan peristiwa pertama dan terakhir. “Tentunya jangan diulangi lagi,” tegas Okto.

Dibantu 3 orang Babinsa, Okto dengan sigap memadamkan kobaran si jago merah yang melanda wilayah binaannya tersebut.

Selain itu, bantuan masyarakat terus berdatangan dan tercatat sebanyak 15 orang warga sekitar turut memadamkan api.
Walaupun hanya dengan menggunakan parang, kayu, pelepah daun muda.

Bberkat kegigihan Babinsa Serda Hengki Sodak dan kerjasama dengan masyarakat, akhirnya api dapat dipadamkan dengan cepat.

Masih menurut Danramil, penanganan ini dilakukan melalui langkah-langkah yang efektif, antara lain mengadakan pengecekan secara langsung dan memerintahkan Babinsa ke lokasi bersama-sama masyarakat untuk memadamkan kebakaran.

Selanjutnya memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat di wilayah agar tidak melakukan pembakaran lahan karena membahayakan lingkungan dan pencemaran udara.

“Untung saja dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun sejumlah tanaman hortikiltura ludes terbakar,” pungkasnya. (sim)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pemkab Bekasi Dorong Pemisahan Aset PDAM Tirta Bhagasasi Segera Dilakukan

Published

on

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja / Net
Continue Reading

Daerah

Upload Anggaran DKI di Medsos, William Aditya Dipanggil BK DPRD DKI

Published

on

William Aditya PSI / Net
Continue Reading

Daerah

DPRD Kota Bekasi Dorong Anggaran KS Tetap Diaudit

Published

on

Kartu Sehat. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…