Connect with us

Kesehatan

Obat-obatan Bukan Pilihan Terbaik Atasi Gejala Agitasi Demensia

Published

on

Realitarakyat.com – Gejala agresi dan agitasi pada pasien demensia dapat merespon lebih baik terhadap terapi non-obat seperti pijat, terapi sentuhan dan kegiatan di luar ruangan. Hal ini berdasarkan sebuah studi baru.

Menurut laporan Annals of Obat Penyakit Dalam, dalam analisis ulang terhadap lebih dari 163 penelitian yang melibatkan hampir 25.000 pasien, para peneliti Kanada menemukan bahwa perawatan multidisiplin, terapi pijat dan sentuhan, dan musik yang dikombinasikan dengan terapi pijat dan sentuhan, lebih efektif dari pada perawatan pasien yang biasa.

“Hasil kami menunjukkan bahwa perawatan multidisiplin dan terapi non-obat harus diprioritaskan dalam merawat populasi pasien kami dan ini harus dimasukkan ke dalam pedoman berbasis bukti,” kata penulis studi utama Dr. Jennifer Watt, ahli geriatrik dan ilmuwan di Li Ka Shing Institusi Pengetahuan di dalam Unity Health Toronto.

Obat antipsikotik, yang sering diresepkan untuk mengobati gejala perilaku ini, datang dengan beberapa efek samping, seperti peningkatan risiko stroke dan kematian, kata Watt. Itu sebabnya dia menyarankan pengasuh untuk mencoba perawatan nonfarmakologis terlebih dahulu.

Dalam terapi multidisiplin, tim spesialis bekerja dengan pasien dan perawat, Watt menjelaskan. Tim tersebut mungkin termasuk perawat terlatih dalam bidang geriatri, dokter yang dapat melihat kemungkinan penyebab medis untuk perilaku dan meresepkan obat yang sesuai, dan terapis okupasi yang dapat mencoba untuk memodifikasi lingkungan pasien atau menyesuaikan rutinitas pasien untuk menghindari frustrasi.

Terkadang pasien dipicu karena mereka tidak mengenali orang yang merawatnya. “Jika seseorang yang mereka tidak ingat pernah bertemu datang ke kamar, mengantar mereka ke kamar mandi dan kemudian mulai menarik turun celana mereka, Anda bisa membayangkan itu bisa mengkhawatirkan,” kata Watt.

Untuk studi baru, tim Watt awalnya mengidentifikasi hampir 20.000 studi sebelumnya yang mengevaluasi efektivitas terapi nonfarmakologis. Mereka mempersempitnya menjadi 163, yang mencakup informasi tentang 23.143 pasien yang rata-rata berusia 70 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa kegiatan di luar ruangan lebih efektif daripada obat antipsikotik untuk mengobati pasien yang secara fisik agresif. Ketika sampai pada agresi verbal, pijat dan terapi sentuhan lebih efektif daripada perawatan biasa pasien. Teknik-teknik itu juga lebih efektif daripada perawatan biasa dalam mengobati agitasi pasien.

Watt menunjuk pada pengalaman pribadinya mengajar pengasuh untuk melakukan pijatan tangan ketika seorang pasien mendapatkan dialisis. “Memijat tangan bisa sangat menenangkan bagi mereka,” katanya.

Hasil baru itu tidak mengejutkan bagi Dr. Milap Nowrangi, asisten profesor di departemen psikiatri di Johns Hopkins Medical School. Tetapi “mereka penting,” katanya, menambahkan bahwa agresi dan agitasi adalah jenis gejala “yang mengarah pada kelelahan perawat dan pelembagaan pasien.”

Sementara penelitian sebagian besar berurusan dengan pasien dalam situasi hidup yang dibantu atau panti jompo, temuan ini juga dapat membantu anggota keluarga merawat orang yang dicintai di rumah, kata Nowrangi.

Karena tidak ada terapi tunggal yang dapat membantu setiap pasien, ia menyarankan keluarga bereksperimen dengan sejumlah pilihan. Pertama dan terutama, pengasuh harus memeriksa untuk melihat apakah ada penyebab fisik untuk perilaku tersebut, seperti kelaparan, rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Jika bukan itu masalahnya, pengasuh mungkin mencoba “pergi berjalan-jalan atau berkendara; meminta mereka melakukan sesuatu yang berulang, seperti melipat handuk atau mencuci piring; menggunakan lilin wangi; atau menyikat rambut pasien atau memijat mereka, “saran Nowrangi. (ndi)

SUMBER: bit.ly/2IQ5wT8 Annals of Internal Medicine, online 14 Oktober 2019.

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Komisi IX Siap Bentuk Panja Bila Iuran BPJS Tetap Naik

Published

on

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Ist)
Continue Reading

Kesehatan

Dari Januari Sampai November, BPOM Ungkap 96 Kasus Peredaran Kosmetik Ilegal

Published

on

Ilustrasi Kosmetik / Net
Continue Reading

Kesehatan

Menkes Klaim JKN Telah Dilaksanakan Sepenuhnya

Published

on

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…