Connect with us

Nasional

Pelantikan Presiden Harus Tepat Waktu

Published

on

Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing / Ist

Realitarakyat.com – Akhir-akhir ini mencuat wacana yang seakan ingin membatalkan atau memundurkan pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing karena adanya asumsi dari kejadian kerusuhan di satu atau dua tempat di tanah air.

“Karena itu, untuk membuat ruang publik kondusif tertkait dengan pelaksanaan pelantikan kepala negara dan pemerintah, saya menyarankan sebaiknya para pihak menahan diri sembari menghentikan perbincangan tentang kemungkinan adanya gangguan dan atau upaya pembatalan pelantikan tersebut,” kata Emrus dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Emrus meminta kepada semua elemen masyarakat agar sama-sama mendukung dan soal keamanan biarlah dibahas oleh institusi lembaga pemerintah terkait.

“Polri yang ditugaskan oleh negara pasti mampu menanganinya dengan profesional, modern dan terpercaya (promoter).”

Atas dasar promoter tersebut, Emrus mengaku bahwa Polri memiliki kemampuan yang memadai untuk menganalisis situasi serta mengambil keputusan dan solusi yang sangat strategis yang berbasis pada hukum yang juga sangat terukur.

“Bila perlu, pada situasi tertentu, kepolisian kita bekerja sama dengan institusi TNI yang kita miliki. Ketika TNI diminta untuk ikut serta menjaga keamanan pelantikan kepala negara, itu sebagai tugas kebangsaan. Sama sekali tidak ada unsur poitik prakmatis di sana,” kata dia.

“Jadi, Pelantikan Jokowi – Ma’ruf sebagai presiden dan wakil presiden, saya tegaskan, sama sekali bukan untuk kepentingan mereka berdua secara pribadi, tetapi untuk bangsa dan negara. Tidak boleh ada upaya dari dan oleh siapapun yang mengganggu apalagi membatalkan pelantikan dengan alasan apapun, semua harus berjalan sesuai jadwal.” [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Aksi Teror Pelantikan Presiden Tidak Mungkin Terjadi

Published

on

Pengamat Hukum dan Kepolisian Republik Indonesia, Ferdinand Montororing / Ist
Continue Reading

Nasional

Wiranto Sebut Belum Bisa Pulih 100 Persen

Published

on

Continue Reading

Nasional

Wiranto Kembali Jalani Perawatan

Published

on

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…