Connect with us

Daerah

Wow, Buat Perangkat Lunak Pemprov DKI Butuh Rp 12,6 Miliar

Published

on

Kepala Unit Pengelola Teknologi Informasi Kependudukan DKI Jakarta, Muhammad Nurrahman / Net

Realitarakyat.com – Untuk pengadaan perangkat lunak, Unit Pengelola Teknologi Informasi Kependudukan DKI Jakarta mengajukan anggaran sekitar Rp 12,6 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2020.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Unit Pengelola Teknologi Informasi Kependudukan, Muhammad Nurrahman, di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dia mengatakan, dana Rp 12 miliar itu bukan hanya untuk antivirus saja, tapi ada tiga kegiatan. Pertama antivirus, kedua Microsoft Office dan database Oracle.

Penggunaan dan yang terbesar, kata dia, bukan antivirus. Melainkan untuk membeli database Oracle yang nilainya mencapai Rp 7 miliar.

Dipilihnya Oracle lantaran Pemprov DKI Jakarta mengacu pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, yang juga menggunakan layanan database dari perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Dana Rp 7 miliar yang dibayarkan untuk membeli lisensi database Oracle ini hanya dilalukan sekali. Selanjutnya, kata dia, Pemprov DKI membayar 15 persen dari harga pembelian awal untuk mendapat upgrade software terbaru setiap tahunnya.

Pembelian terbesar selanjutnya adalah lisensi Microsoft Office dengan alokasi dana mencapai Rp 4 miliar yang akan disebarkan untuk 276 kelurahan, 44 kecamatan dan enam Suku Dinas serta di SKPD Dukcapil.

Sementara untuk pembelian antivirus, Pemprov DKI Jakarta hanya membutuhkan anggaran Rp 384 juta untuk waktu satu tahun. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Agro Expo Rembang, Wujud Perubahan Menuju Pertanian Maju dan Mandiri

Published

on

Continue Reading

Daerah

Dampingi Tersangka Korupsi, Bank NTT Gocek Rp 90 Juta

Published

on

Continue Reading

Daerah

HPSN Tak Hanya Soal Sampah, Perhatikan Juga Pekerjanya

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending