Connect with us

Politik

Revisi UU KPK Bikin Anggota DPR Dicap Pro Koruptor

Published

on

Realitarakyat.com – Framing anggota DPR pendukung revisi undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai prokoruptor terbentuk dengan sendirinya.

Terlebih, menurut penggiat antikorupsi Emerson Yuntho, selama ini KPK tidak pernah menyebut lembaga lain di luar KPK adalah prokoruptor.

Tetapi, justru narasi itu muncul sebagai komplain karena banyaknya operasi tangkap tangan, yang dilakukan KPK menjerat elite partai politik di DPR yang secara kebetulan juga mendukung revisi UU KPK.

“DPR tidak prokoruptor, tetapi proses korupsi yang terpengaruh ke DPR ada 23 orang, termasuk pimpinan sebelumnya, Setya Novanto, itu dijerat kasus korupsi,” ujar Emerson di Jakarta, Selasa malam (8/10/2019).

Yang lucunya lagi, kata Emerson tidak hanya legislatif yang tergganggu dengan OTT KPK, tetapi lembaga eksekutif juga ikut seperti terganggu dengan kinerja KPK.

Hal ini, kata dia, terbukti setelah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut KPK mengganggu investasi.

Revisi UU KPK sudah diberi nomor dan diundangkan, ke depan tidak akan ada lagi OTT KPK yang bisa menjerat elite politik di lembaga legislatif dan eksekutif.

“Jadi, ke depan perlu ada upaya menyelamatkan KPK. Supaya OTT di Lampung Utara kemarin itu bukan jadi yang terakhir,” ujar Emerson.

Karenanya, dia bersama Koalisi Masyarakat Sipil mendesak Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang undang KPK.

Perppu, lanjut dia, akan mengembalikan peraturan KPK ke UU Nomor 30 Tahun 2002 dan menyelamatkan KPK dari pelemahan secara konstitusional.

“Desakan ini mengingatkan Jokowi tentang janji-janji kampanyenya soal memperkuat KPK. Kalau revisi UU KPK diundangkan, yang kena OTT nanti yang tidak ada relasi sama sekali dengan elite politik,” kata Emerson. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Ini Prediksi Menteri Kabinet Jilid II Jokowi

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Politik

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Diyakini Aman, Tapi Tak Boleh Lengah

Published

on

Diskusi Sosbudpolhukam yang dipandu Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo / Ist
Continue Reading

Politik

PKS Klaim Siap Jadi Oposisi Tunggal

Published

on

Politikus PKS Mardani Ali Sera / Net
Continue Reading




Loading…