Connect with us

Nasional

Konsolidasikan Keamanan dan Keselamatan Pelayaran, Kemenhub Gelar Rakornis KPLP

Published

on

Peserta Rapat Koordinasi Teknis bidang Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), yang dilaksanakan mulai tanggal 9 - d 11 Oktober 2019 di Gedung Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta. (Foto: Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Hubla Kemenhub)

Realitarakyat.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bidang Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP). Rakornis digelar dalam rangka konsolidasi dan evaluasi.

“Yakni terkait dengan masalah keamanan dan keselamatan pelayaran. Terlebih dalam mengoptimalkan kompetensi sumber daya manusia,” kata Plt. Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo, Rabu (9/10).

Acara yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Hubla itu juga akan membahas berbagai permasalahan dan isu strategis. Dan yang menjadi tugas dan tanggung jawab Kemenhub cq. Ditjen Hubla di bidang penjagaan laut dan pantai.

“Rakornis KPLP merupakan upaya untuk meningkatkan kerjasama antar aparatur jajaran Ditjen Hubla, baik di kantor pusat maupun UPT di daerah. Khususnya dalam menangani berbagai permasalahan keselamatan dan keamanan pelayaran,” ujarnya.

Termasuk juga perlindungan lingkungan maritim. Diharapkan, rakornis dapat menghasilkan rekomendasi dan program tindaklanjut, untuk keseragaman dalam pola tindak bagi aparatur yang bertugas di lapangan.

“Saya meminta seluruh jajaran Ditjen Hubla – khususnya yang bertugas di bidang penjagaan laut dan pantai – untuk terus meningkatkan pengetahuan, wawasan serta keterampilan. Hal itu untuk menunjang kinerja pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran,” tandasnya.

 

Sangat Penting

Sementara itu, Direktur KPLP Ahmad mengatakan, bahwa rakornis sangat penting. Hal itu karena sebagai ajang konsolidasi dan evaluasi terkait masalah keamanan dan  keselamatan pelayaran.

“Terutama yang ditemukan di lapangan serta sebagai upaya peningkatan SDM KPLP yang lebih profesional. Disamping memiliki tugas pengawasan pemenuhan kelaiklautan kapal, saat ini KPLP juga memiliki tugas yang lain terkait dengan bantuan pertolongan dan penyelamatan jiwa di laut,” tegasnya.

Dalam rangka kesiagaan penanggulangan musibah, setiap UPT Ditjen Hubla harus memenuhi persyaratan. Yaitu yang meliputi prosedur, personil, peralatan dan bahan, serta latihan untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitasnya dalam bidang Search and Rescue, pemadaman kebakaran dan penanggulangan pencemaran di laut.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas dedikasi para anggota KPLP di lapangan, yang dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab dalam membantu melakukan pencairan dan pertolongan terhadap beberapa kejadian musibah di laut selama ini,” tukasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Aksi Teror Pelantikan Presiden Tidak Mungkin Terjadi

Published

on

Pengamat Hukum dan Kepolisian Republik Indonesia, Ferdinand Montororing / Ist
Continue Reading

Nasional

Wiranto Sebut Belum Bisa Pulih 100 Persen

Published

on

Continue Reading

Nasional

Wiranto Kembali Jalani Perawatan

Published

on

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…