Connect with us

Nasional

Indonesia Masih Hadapi Berbagai Ancaman

Published

on

Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto. (Foto: Puspen TNI)

Realitarakyat.com – Dalam kurun waktu lima tahun ke depan, Indonesia diperkirakan masih akan menghadapi berbagai ancaman nyata. Antara lain seperti terorisme dan radikalisme, separatisme dan pemberontakan bersenjata.

“Selain itu adalah bencana alam, pelanggaran wilayah perbatasan, perompakan dan pencurian kekayaan alam, wabah penyakit, serangan siber dan spionase, peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” kata Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto di  Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Auditorium, Jakarta, Senin (7/10).

Hal itu disampaikannya di depan peserta diskusi CSIS yang mengambil tema Transformasi TNI di Era Disrupsi Teknologi Global: Prospek dan Tantangan. Menurutnya, ancaman tersebut masih belum menjadi prioritas didasarkan analisa strategis.

“Namun, ancaman belum nyata terhadap Indonesia dapat berupa konflik terbuka atau perang konvensional, yang berpotensi sewaktu-waktu terjadi. Sebagai bangsa yang memiliki potensi luar biasa, kewaspadaan harus tetap dijaga mengingat bentuk ancaman bersifat dinamis,” ujarnya.

Ancaman juga dapat berubah menjadi ancaman nyata, ketika kepentingan nasional dan kehormatan negara terusik. Dikatakan, doktrin pertahanan dirumuskan sesuai paham dan pandangan bangsa Indonesia, tentang damai dan perang.

“Hal itu dipersiapkan dan diimplementasikan dalam rangka untuk mempertahankan kemerdekaan, dari upaya-upaya pihak manapun yang mengancam eksistensi kemerdekaan. Karena, bangsa Indonesia cinta perdamaian, tetapi lebih cinta kemerdekaan dan kedaulatan,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

PKS: Ketahanan Nasional Harus Miliki Imunitas Terhadap Ancaman

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Jokowi Klaim Ada 1.671 Sekolah yang Dibangun dan Renovasi Selama 2019

Published

on

Continue Reading

Headline

PWI Tolak Pemberian Sanksi Lewat PP dalam Omnibus Law Ciptaker

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending