Connect with us

Hukum

Soal Perppu, Jokowi Harus Kedepankan Dialog

Published

on

Ilustrasi Perppu. (Ist/Net)

Realitarakyat.com – Dialog antara pemerintah dan DPR RI sangat penting bila Presiden Joko Widodo ingin menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang undang tentang (Perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Sekalipun itu adalah hak konstitusional Presiden, yang paling penting adalah dialog diantara lembaga Kepresidenan dan lembaga DPR,” kata anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (7/10).

Dia menambahkan, ada dua alternatif yang bisa dilakukan terkait dengan RUU KPK ini. Yaitu judicial review dan legislative review. Akan tetapi, lanjutnya, judicial review juga belum memungkinkan.

“Hal itu karena revisi UU KPK belum diundangkan. Jadi, kemungkinan besar adalah legislative review. Kalau komunikasi politik antara Presiden dengan DPR – beserta dengan seluruh pimpinan partai politik – maka jalan untuk melakukan legislatif review itu sangat mungkin bisa dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, Jokowi juga bisa melakukan dialog antar ketua umum partai politik yang lolos ke parlemen. Karena sebelumnya dialog dengan parpol koalisi di pemerintah sudah dilakukan Jokowi.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Istana Hormati Upaya Judicial Riview Komisioner KPK

Published

on

Pramono Anung / Net
Continue Reading

Hukum

Banyak Alasan Bagi MK Kabulkan Uji Formil UU KPK

Published

on

Gedung Mahkamah Konstitusi. (Foto: Ist)
Continue Reading

Hukum

Pimpinan KPK Ajukan Judicial Review, Menko Polhukam: Bagus, Bagus, Biar Nanti Diuji

Published

on

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD / Net
Continue Reading




Loading…