Connect with us

Olahraga

MotoGP Thailand: Quartararo Raih Pole Position, Rossi Start di Urutan Sembilan

Published

on

Realitarakyat.com – Meski sempat mengalami kecelakaan, pebalap besutan Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, masih bisa meraih pole position di babak kualifikasi MotoGP Thailand, Sabtu (5/10/2019).

Quartararo berhasil start paling depan, setelah sukses melewati Maverick Vinales yang bertengger di urutan kedua dan Marc Marquez pada posisi ketiga.

Sementara posisi keempat dan kelima, ditempati oleh Franco Morbidelli dan Danilo Petrucci dari Ducati.

“Tim telah membuat pekerjaan luar biasa sepanjang akhir pekan ini. Pada lap terakhir, saya membuat perubahan lain agar bisa mendapatkan hasil manakjubkan, dan saya benar-benar menantikan pertarungan besok,” ucap Quartararo, sebagaimana dikutip Crash.net, Sabtu (5/10/2019).

Andrea Dovizioso yang sempat tampil apik di babak latihan bebas ketiga (FP3), malah turun posisi. Pebalap Italia harus puas menempati urutan ketujuh tepat di atas Jack Miller dari Pramac Ducati.

Sementara Valentino Rossi hanya mampu menyelesaikan kualifikasi pada urutan kesembilan. Posisinya ditempel ketat oleh ‘jagoan’ dari Suzuki Ecstar Alex Rins.

Namun demikian, ada kejadian menarik saat sesi kualifikasi berlangsung, yakni insiden jatuhnya Rossi, Marquez, dan Quartararo yang berlangsung secara bergantian.

Rossi menjadi korban pertama di tikungan 5, setelah itu disusul Marquez saat menjalani kaulifikasi kedua (Q2). Selang beberapa waktu kemudian, kejadian dialami Quartararo, namun posisinya saat itu dia telah sukses meraih pole.

Tikungan Neraka
Beberapa tikungan neraka di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand, tampaknya bisa menjadi momok para pebalap di MotoGP Thailand 2019, yang race-nya akan digelar Minggu (6/10/2019).

Dalam sesi kualifikasim, setidaknya ada tiga pebalap top sempat mengalami kecelakaan di tikungan-tikungan yang terkenal sulit tersebut. Hal ini sekaligus mengancam bagi para pebalap pada sesi race besok.

Adalah tikungan 7. Di tikungan ini Marquez mengalami kecelakaan parah pada saat latihan bebas pertama (FP1), Jumat (3/10/2019).

Kecelakaan yang terjadi bahkan terbilang cukup mengerikan. Motor Marquez mengalami kerusakan parah. Swing arm dan bang belakang hingga terlepas dari badan motor.

Marquez sempat dibawa ke Rumah Sakit Buriram. Beruntung, dia tidak mengalami luka-luka serius dan bisa kembali mengaspal.

Selain tikungan 7, tikungan 5 juga bisa menjadi teror bagi para pebalap di MotoGP Thailand. Tikungan tersebut berbentuk ‘U Turn’ besar tersebut bahkan memakan tiga korban dari pebalap top.

Korban pertama adalah Valentino Rossi di kualifikasi. Dia tergelincir ke luar trek setelah kehilangan keseimbangan di Tikungan 5 pada awal kualifikasi kedua (Q2).

Berikutnya adalah Marc Marquez yang kembali mengalami kecelakaan, kali ini di Tikungan 5. Sama halnya dengan Rossi, The Baby Alien kehilangan kendali atas motornya ketika mencoba berbelok ke kiri.

Beruntung pada kecelakaannya yang kedua, dia tidak mengalami cedera dan motornya tidak mengalami kerusakan parah.

Fabio Quartararo, sang rookie fenomenal MotoGP 2019, menjadi korban terakhir di Tikungan 5. Pebalap asal Prancis itu tergelincir ke luar lintasan pada lap terakhir Q2. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Olahraga

Bakal Ada Referendum di Catalunya, Laga El Clasico Ditunda

Published

on

El Clasico / Net
Continue Reading

Olahraga

Ozil Keukeuh Bertahan di Arsenal

Published

on

Mesut Ozil /Net
Continue Reading

Olahraga

Tak Perlu Lama Nganggur, Johann Zarco Bakal Bela Honda LCR

Published

on

Pembalap MotoGP Johann Zarco / Net
Continue Reading




Loading…