Connect with us

Kesehatan

Teh Kunyit, Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Teh sangat bermanfaat bagi kesehatan dengan berbagai cara. Anda bisa menyiapkan teh yang sangat sehat dengan kunyit.

Kunyit adalah bumbu yang biasa digunakan yang sarat dengan khasiat obat. Ini adalah obat herbal yang digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan.

Biasanya, kunyit digunakan untuk menambah warna dan rasa yang kuat untuk makanan tetapi sarat dengan manfaat kesehatan. Kunyit tersedia dalam bentuk bubuk dan mentah.

Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin. Curcumin secara alami kaya akan sifat anti-inflamasi dan dapat membantu Anda mengurangi risiko berbagai penyakit.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari teh kunyit yang dirangkum dari berbagai sumber. Ketahui juga cara menyiapkan teh kunyit.

Manfaat kesehatan dari teh kunyit

1. Dipenuhi dengan sifat anti-inflamasi
Kunyit sarat dengan sifat anti-inflamasi. Teh kunyit dapat bermanfaat bagi Anda dalam beberapa cara. Anda dapat menyiapkan teh kunyit untuk menghilangkan peradangan, pembengkakan, dan gejala artritis lainnya. Curcumin memainkan peran yang kuat dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan.

2. Meningkatkan kekebalan
Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu Anda melawan banyak penyakit dan infeksi secara alami. Teh kunyit dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh yang secara alami akan mengurangi risiko banyak penyakit. Ini juga akan meninggalkan efek menenangkan jika Anda menderita pilek atau batuk.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Teh kunyit juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Anti-oksidan hadir dalam teh kunyit dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung. Ini juga akan membantu Anda mengelola kolesterol yang juga meningkatkan kesehatan jantung.

4. Membantu mengelola diabetes
Penderita diabetes juga dapat mengonsumsi teh kunyit untuk mengelola kadar gula darah. Teh kunyit dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes setelah mengambil rekomendasi oleh dokter Anda tentang dosis yang tepat.

Cara menyiapkan teh kunyit

Mempersiapkan teh kunyit cukup sederhana. Mempersiapkannya dengan kunyit mentah dapat meningkatkan manfaat kesehatannya. Berikut langkah-langkah menyiapkan teh kunyit.

– Rebus 3-4 gelas air
– Tambahkan beberapa kunyit parut atau beberapa iris kunyit mentah
– Biarkan mendidih selama beberapa waktu
– Saring teh dan tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasanya

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan teh kunyit ke dalam makanan Anda jika Anda memiliki penyakit kronis. Juga, hentikan penggunaannya jika Anda menghadapi masalah dan jangan terlalu banyak mengonsumsi teh ini.

Penelitian mengenai kunyit baik bagi kesehatan manusia pun sudah dilakukan sejak tiga dekade lalu. Situs Daily Health pernah menulis bahwa sejumlah pakar yang melakukan penelitian berskala kecil pada 1989 menemukan, suplemen yang dibuat dari kunyit jauh lebih efektif mengendalikan penyakit perut, seperti mag dan gangguan pencernaan daripada plasebo.

Selang 20 tahun kemudian, peneliti kembali menemukan manfaat kunyit, yaitu dapat mencegah serangan jantung di antara pasien bypass.

Studi yang dilakukan pada 2012 menggunakan ekstrak dari kunyit dengan melibatkan 121 orang pasien yang habis menjalani operasi bypass antara tahun 2009 sampai 2011.

Peneliti membagi peserta menjadi dua bagian. Kelompok pertama diberi kapsul yang diketahui mengandung kurkumin dan kelompok yang lain diberi plasebo. Kedua kelompok diharuskan rutin mengonsumsi itu tiga hari sebelum dan lima hari sesudah menjalani operasi bypass.

Reuters melaporkan, lebih banyak pasien dari kelompok plasebo yang kembali mengalami serangan jantung selama dirawat sesudah operasi ketimbang kelompok satunya lagi. Perbandingannya memang hanya 30 persen dan 13 persen, tapi dari situ saja dapat ditarik kesimpulan bahwa kunyit dapat menyehatkan manusia.

Namun para periset mengingatkan, obat yang mengandung kurkumin itu tidak digunakan sebagai pengganti obat-obatan. Dikarenakan kurkumin memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, dengan menambahkan obat-obatan itu membantu pasien bypass terhindar dari serangan jantung kembali.

Masih di tahun yang sama. Para peneliti kembali masuk laboratorium guna mencari tahu kemampuan lain yang dimiliki oleh kunyit.

Lagi, senyawa di kunyit, kurkumin, disebut dapat menunda munculnya diabetes tipe 2. Seperti dikutip dari situs Huffington Post, Selasa (9/5/2017), lebih dari sembilan bulan responden yang diberi suplemen kurkumin dilaporkan jauh dari tanda-tanda akan mengidap diabetes tipe 2. Selama dia mampu mengelola dirinya sendiri dengan memerhatikan asupan makan sehari-hari, rajin berolahraga, dan tidak ada keturunan diabetes. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Kesehatan

Obat Ranitidin Ditarik, Ini Daftar Penggantinya

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Obat-obatan Bukan Pilihan Terbaik Atasi Gejala Agitasi Demensia

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Koperasi Perikanan Diharapkan Ikut Berperan Atasi Stunting

Published

on

Continue Reading




Loading…