Connect with us

Kesehatan

Kesehatan Jantung: Tanda-tanda yang Menghawatirkan dan Langkah Pencegahannya

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Arteri yang sehat diperlukan untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Arteri bertanggung jawab untuk pengangkutan darah dari kepala ke kaki.

Penumpukan plak di dalam dinding arteri dapat memengaruhi aliran darah bebas dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berkurangnya aliran dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga memengaruhi organ-organ lain juga.

Kadar kolesterol yang buruk, merokok, tekanan darah tinggi, gaya hidup menetap dan obesitas adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri.

Kondisi ini tidak boleh diabaikan karena dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi dari serangan jantung, gagal jantung dan stroke. Memahami gejala arteri yang tersumbat dapat membantu Anda mengambil langkah pencegahan tepat waktu.

Gejala arteri yang tersumbat
Selama tahap awal berkurang aliran darah tidak menunjukkan gejala yang terlihat. Ketika plak terus menumpuk, mungkin ada beberapa gejala nyata yang meliputi:

1. Nyeri dada
Ini adalah gejala pertama yang terlihat yang merupakan akibat dari berkurangnya aliran darah. Ini juga disebut sebagai angina. Anda mungkin merasakan tekanan di dada Anda. Ini bisa terjadi di tengah dada atau di sisi kiri dada.

2. Napas pendek
Berkurangnya aliran darah juga bisa menyulitkan Anda atau bernapas dengan benar. Anda mungkin merasa lelah dan sesak napas.

3. Kelemahan dan pusing
Ketika bagian tubuh Anda tidak menerima darah yang cukup, Anda mungkin merasa lemah dan tidak mampu menyelesaikan tugas sehari-hari. Anda juga mungkin mengalami pusing.

Gejala lain termasuk berkeringat, mual dan jantung berdetak kencang. Jika kondisinya telah mencapai tingkat yang parah, serangan jantung adalah salah satu gejala paling parah yang dapat diperhatikan. Serangan jantung disertai dengan gejala lain seperti nyeri dada, nyeri di tangan kiri atau bahu.

Langkah-langkah pencegahan arteri yang tersumbat

Beberapa modifikasi gaya hidup yang sehat dapat membantu Anda mencegah pengendapan plak di arteri. Modifikasi sehat ini juga akan membantu Anda mengurangi risiko penyakit kronis lainnya. Beberapa langkah pencegahan termasuk-

1. Berolah raga secara teratur setidaknya selama 30 menit dan tetap aktif sepanjang hari

2. Buat semua perubahan yang diperlukan untuk diet Anda, tambahkan buah-buahan dan sayuran segar dan hilangkan makanan berlemak dan makanan olahan

3. Berhenti merokok sesegera mungkin, Anda juga dapat mencari bantuan untuk menghentikannya secara permanen

4. Kurangi berat badan jika Anda kelebihan berat badan

5. Kontrol kondisi seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan kadar gula darah

6. Cobalah meditasi untuk mengelola stres. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Kesehatan

Obat Ranitidin Ditarik, Ini Daftar Penggantinya

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Obat-obatan Bukan Pilihan Terbaik Atasi Gejala Agitasi Demensia

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Koperasi Perikanan Diharapkan Ikut Berperan Atasi Stunting

Published

on

Continue Reading




Loading…