Connect with us

Kesehatan

Telur Ternyata Mengandung Sederet Nutrisi Bermanfaat, Ini Faktanya

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Sebagai salah satu makanan paforit banyak orang, telur juga menjadi pelengkap berbagai hidangan masakan, seperti nasi goreng, mi instan, bahkan dengan roti tawar pun tak kalah lezatnya.

Tak hanya memberikan rasa yang nikmat, telur juga mengandung sederet nutrisi yang bermanfaat, seperti vitamin B dan protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Banyak ahli merekomendasikan telur sebagai salah satu menu harian yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengambil manfaatnya.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa memakan menu sarapan yang terdiri dari telur, dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan bergula dan berlemak.

Berikut 5 fakta luar biasa telur sebagai konsumsi harian Anda, sebagaimana dikutip dari 1health.id.

1. Kuning telur membantu perkembangan otak
Kuning telur adalah salah satu sumber makanan sehat yang mengandung vitamin B kompleks yang disebut kolin. Kolin dikaitkan dengan fungsi neurologis yang lebih baik dan juga mampu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Kolin yang dikonsumsi secara rutin membantu perkembangan otak janin, itulah sebabnya wanita hamil harus lebih sering mengonsumsi telur.
Tak hanya itu, kolin juga dapat terurai menjadi betana dalam tubuh, yang pada gilirannya menghasilkan hormon bahagia yang disebut serotonin dan dopamin.

2. Telur merupakan sumber protein yang baik
Telur mengandung sejumlah tinggi protein yang baik untuk tubuh. Ini karena semua protein yang terkandung dalam telur dapat diserap dan digunakan dengan baik oleh tubuh. Telur tidak hanya menyediakan protein berkualitas tinggi, tetapi juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, folat, fosfor dan kolin. Satu telur rebus mengandung 6 gram protein, yang memberikan kebutuhan protein harian sebanyak 14 persen pada wanita dan 11 persen pada pria.

3. Tidak meningkatkan berat badan
Mengonsumsi telur secara rutin, tak akan menambah berat badan Anda. Protein dalam telur justru membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan secara berlebihan.

Telur juga memainkan peran penting dalam mempertahankan massa otot tanpa lemak selama penurunan berat badan. Satu butir telur mengandung sekitar 70 kalori dan 6 gram protein, sehingga menjadikannya sebagai sumber protein rendah kalori.

Ini menjadi pilihan makanan yang sehat untuk Anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan.

4. Makanlah setelah berolahraga
Mengonsumsi telur setelah berolahraga bisa memberikan protein yang cukup untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot Anda.
Sebab itu, jika Anda mendambakan tubuh bugar dengan sederet otot yang kuat, konsumsi telur bisa membantu Anda mencapai tujuan ini. Seimbangkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan pula.

5. Sumber vitamin D yang baik
Tubuh menyerap vitamin D melalui sinar matahari dan dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Telur adalah salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin D. Memasukkan telur ke dalam menu harian Anda dapat membantu mencegah kekurangan vitamin D dalam tubuh.

Jika Anda jarang terpapar sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi, maka mengonsumsi telur bisa menjadi salah satu alternatif sehat untuk mendapatkan dosis harian vitamin D Anda. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Kesehatan

Obat Ranitidin Ditarik, Ini Daftar Penggantinya

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Obat-obatan Bukan Pilihan Terbaik Atasi Gejala Agitasi Demensia

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Koperasi Perikanan Diharapkan Ikut Berperan Atasi Stunting

Published

on

Continue Reading




Loading…