Connect with us

Nasional

Pemerintah Batasi Layanan Data Internet di Wamena

Published

on

Pembatasan internet di Wamena dilakukan agar berita hoax dan hasutan tidak berkembang. (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pembatasan layanan internet di Wamena, Papua. Hal itu sebagai tanggapan atas terjadinya kerusuhan disana.

Menurut pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu, pembatasan bersifat sementara. Karena akan dicabut bila situasi kondusif. “Pembatasan dilakukan setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait,” kata Ferdinandus dalam siaran persnya, Senin (23/9).

Dia menambahkan, pembatasan tersebut dilakukan sejak pukul 12:30 WIB. Meski ada pembatasan, namun masyarakat tetap bisa berkomunikasi menggunakan layanan suara dan pesan singkat.

“Tujuan dari pembatasan tersebut agar masyarakat tidak termakan  informasi hoax, kabar bohong, dan ujaran kebencian berbasis SARA. Hasutan dan provokasi melalui media apapun – termasuk media sosial – sangatlah berbahaya,” ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya melakukan pembatasan layanan data. Hal itu agar proses pemulihan kembali kondusif. Seperti diketahui, demonstrasi yang berujung ricuh terjadi di Wamena pada Senin.

Akibatnya  aktivitas pertokoan, sekolah, serta kantor pemerintah dan swasta lumpuh. Massa melempar kantor Bupati Jayawijaya. Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja mengatakan, aksi anarkistis di Wamena dipicu kabar hoaks yang berisi seorang guru melontarkan kata-kata rasis di sekolah.

“Wamena minggu lalu ada isu seorang guru mengeluarkan kata-kata rasis. Sebagai bentuk solidaritas, mereka melakukan aksi,” ucapnya.[sas]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Komunitas Ojek Online: Nadiem Makarim Lebih Dibutuhkan untuk Masyarakat Luas

Published

on

Calon Menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Prabowo Bakal Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Published

on

Prabowo sambangi Istana Negara Senin (21/10/2019) / Twitter
Continue Reading

Nasional

Tak Bertemu Jokowi, Bupati Minahasa Gagal Jadi Menteri?

Published

on

Bupati Minahasa Christiany Eugenia Tetty Paruntu / Net
Continue Reading




Loading…