Connect with us

Hukum

Kasus Karhutla, Polri: Sudah 9 Perusahaan yang Ditetapkan Tersangka

Published

on

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo. (foto: ist/net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo, mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini sudah menetapkan 9 perusahaan menjadi tersangka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dari sembilan itu, Bareskrim menetapkan PT AP sebagai tersangka,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo, di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Sebelumnya, Polda Riau telah menetapkan PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) sebagai tersangka. Sementara Polda Sumatera Selatan menetapkan tersangka terhadap PT Bumi Hijau Lestari (BHL). Kemudian PT Mega Anugerah Sawit (MAS) juga sudah sebagai tersangka karhutla di Jambi.

Sedangkan Polda Kalimantan Selatan, menetapkan dua perusahaan sebagai tersangka, yaitu PT Monrad Intan Barakat (MIB) dan PT Borneo Indo Tani (BIT).

Di Kalimantan Tengah, polda setempat menetapkan status tersangka kepada PT Palmindo Gemilang Kencana (PGK).

Terakhir, Polda Kalimantan Barat menetapkan dua tersangka, yang terdiri dari PT Surya Agro Palma (SAP) dan PT Sepanjang Inti Surya Usaha (SISU).

Penetapan tersangka kepada perusahaan-perusahaan itu, karena diduga lalai mencegah terjadinya kebakaran di lahan mereka.

Sementara untuk individu, pihaknya sudah menetapkan 296 tersangka. Dengan rincian, 58 tersangka di Riau, 1 tersangka di Aceh, 25 tersangka di Sumsel, 20 tersangka di Jambi, 21 tersangka di Kalsel, 79 tersangka di Kalteng, 68 tersangka di Kalbar, dan 24 tersangka di Kaltim.

“Kalau terbukti kan pasalnya cukup banyak, Undang-Undang yang bisa diterapkan UU Lingkungan Hidup, UU Perkebunan, UU Kehutanan, dan pasal-pasal konvensional di KUHP,” katanya.

Sedangkan untuk sanksi bagi perusahaan, dia mengatakan, jika terbukti bersalah, maka dapat dikenakan sanksi administratif berupa pencabutan izin. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Polda Kalbar Amankan Seorang Warga Pemilik Berbagai Jenis Senpi

Published

on

Foto: Dok NTMC Polri
Continue Reading

Hukum

954 Korban Pelanggaran Kebebasan Beragama Terjadi di Periode Pertama Jokowi

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Hukum

Prabowo Menteri, KontraS: Masa Depan HAM Indonesia Makin Runyam

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading




Loading…