Connect with us

Daerah

Polda NTB Didesak Tetapkan Tersangka Korupsi Bibit Bawang Merah

Published

on

Kompak gelar unjuk rasa tuntaskan korupsi bawang merah tahun 2016. (Foto: Realitarakyat/Lalu Sibawe)

Mararam, Realitarakyat.com – Polda Nusa Tenggara Barat didesak menetapkan tersangka dugaan korupsi kasus bibit bawang merah di Kabupaten Bima senilai 46 miliar tahun anggaran 2016 lalu. Desakan tersebut dilontarkan Komandan Pemuda Anti Korupsi (Kompak) saat menggelar aksi unjuk rasa, Senin (23/09) di depan Mapolda NTB.

“Dana bantuan miliaran rupiah tersebut bersumber dari Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian tahun 2016 dengan angka Rp 46 miliar. Dana itu dihajatkan untuk peningkatan petani, khususnya bawang merah,” kata Ardy Bhule yang juga koordinator lapangan aksi tersebut.

Akan tetapi, lanjutnya, Pemda Bima tidak melaksanakan secara optimal. Dia menuding, banyak kelompok tani fiktif bahkan bibit yang dibagikan tidak sesuai standar dan banyak bibit yang sudah rusak.

“Hasil temuan  Itjen Kemenetrian Pertanian RI, negara mengalami kerugian sebesar Rp 2,3 miliar. Sedangkan dari hasil Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Bima, jumlah kerugian negara tersebut harus dikembalikan dalam kurun waktu 60 hari,” ungkapya.

Namun hingga saat ini, kerugian tersebut belum dikembalikan. Karenanya, Kompak meminta Kapolda NTB agar mengambil kasus tersebut. Sehingga, dapat segera dilakukan penyidikan/

“Kami meminta agar oknum pejabat terkait yang diduga terlibat, ditetapkan sebagai tersangka. Perusahaan pemenang lelang pengadaan bibit juga harus di periksa dan di jadikan tersangka,” tukasnya.

Ardy membeberkan, dana sebeaar Rp 46 miliar tersebut di gelontorkan dua tahap. Tahap pertama sebesar Rp 26.062.484.000. Sedangkan tahap ke dua Rp 16.170.000.000.

Menanggapi tuntutan Kompak, Direktur Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol Syamsuddin Baharuddin belum bisa memberikan jawaban. Hal itu dikarenakan karena dia masih menjalani tugas di luar daerah.[sas]

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Bantu Amankan Pilkades Serentak, Satlinmas Rembang Ikuti Apel Siaga

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kang Emil Minta Jokowi-Ma’ruf Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Published

on

Gubenur Jabar Ridwan Kamil / Ist
Continue Reading

Daerah

Terancam Roboh, Jembatan Noebunu Perlu Segera Diperbaiki

Published

on

Jembatan Noebunu yang terancam roboh bila tidak segera diperbaiki. (Foto: Realitarakyat.com/sim)
Continue Reading




Loading…