Connect with us

Daerah

Begini Cara Pemkab Pangkep Gairahkan Petani Garam

Published

on

Pangkep, Realitarakyat.com – Untuk menggairahkan dan meningkatkan semangat kerja para petani garam di Kabupaten Pangkep, Dinas Perikanan Kabupaten Pangkajene & Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan menggelar festival garam.

Kegiatan yang dipusatkan di lokasi lahan integrasi garam rakyat Biringkassi, Kelurahan Boriappaka, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Minggu (22/9/2019) ini, melibatkan puluhan kelompok petani garam di wilayah ini sebagai peserta untuk beradu keterampilan dan wawasan melalui kegiatan panen raya, terapi garam dan games garam.

Ajang festival para petani garam ini, turut dihadiri Bupati Pangkep, H.Syamsuddin A Hamid, Wakil Bupati Pangkep, H.Syahban Sammana dan Sekda Pangkep, Hj.Jumliati.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolres Pangkep, AKBP Tulus Sinaga, Dandim 1421 Pangkep, Letkol.Inf.Adi Sabarudin, Dirut PT.Semen Tonasa, H.Subhan, Ketua DPRD Kabupaten Pangkep, Andi Ilham Zainuddin, Kadis Perikanan Kabupaten Pangkep, Hj.Andi Faridah.

Festival garam, menurut Kadis Perikanan Pangkep, Hj.Andi Faridah, adalah sebuah terobosan untuk menggairahkan dan meningkatkan semangat para petani garam agar kegiatan usaha ini tetap berkembang kendati harga garam menurun.

Dia menambahkan, harga garam dipasaran tingkat petani akhir-akhir ini semakin merosot, yakni semula harga Rp 50.000, lalu turun menjadi Rp 10.000 dan Rp 5000 per kilo.

Kadis Perikanan Pangkep ini juga meminta pemerintah agar dapat membantu para petani garam, terkait dengan harga garam ditingkat petani tersebut.

Sementara Bupati Pangkep, H.Syamsuddin A Hamid mengatakan, garam merupakan komoditi yang menggiurkan saat ini asalkan proses produksinya sesuai aturan yang berlaku, antara lain memberikan plastik agar kualitasnya terjaga.

Data Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep menunjukkan, luas panen raya garam di wilayah Kelurahan Boriappaka, Kecamatan Bungoro mencapai 15 Ha.

Sedangkan produksi garam di Pangkep ditargetkan mencapai 30 ton dan saat ini sudah terealisasi mencapai 20 ton dan garam yang diproduksi di daerah ini pada umumnya untuk kebutuhan industri. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Resmi Ditutup, Lokalisasi Sunan Kuning Bakal Dijadikan Wisata Religi

Published

on

Penutupan Lokalisasi Sunan Kuning Semarang / Ist
Continue Reading

Daerah

Jaga Kondusifitas Wilayah, Polres Pati Jalin Sinergitas Dengan Ponpes

Published

on

Continue Reading

Daerah

Dishub Paluta dan Satlantas Polsek Padangbolak Gelar Sosialisasi Gakum Berlalulintas

Published

on

Continue Reading




Loading…