Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

APTI Minta Pemerintah Tunda Kenaikan Cukai Rokok

Published

on

Petani tembakau terpukul akibat kenaikan cukai rokok. (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Keputusan menaikkan cukai rokok sebesar 23 persen per 1 Januari 2020, dianggap tergesa-gesa dan mengecewakan banyak pihak. Selain waktunya yang tidak tepat di saat kondisi perekonomian sedang tidak menggembirakan, hal itu juga dapat menimbulkan dapak negatif berkepanjangan.

“Antara lain seperti mematikan industri rokok di tanah air, menyengsarakan masyarakat petani tembakau dan buruh rokok sekaligus dapat menghidupkan rokok ilegal,” kata Ketua Umum Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Pamudji, Minggu (22/9).

Karenanya, rencana implementasi kebijakan tersebut diminta untuk ditunda. Selain terlalu terburu-buru, hal itu juga terlalu memaksakan. Apalagi pada saat petani tembakau saat ini sedang panen.

“Pemerintah justru menyampaikan rencana  menaikkan cukai rokok. Hal ini sangat berdampak langsung pada pembelian tembakau di tingkat lokal,” ujarnya,

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan pengurus APTI dan masyarakat petani tembakau dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Pertemuan diadakan untuk membahas rencana kenaikan cukai rokok yang sudah diumumkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu. Sekaligus membahas masa depan industri rokok di tanah air beserta dampak yang akan ditimbulkan terhadap petani tembakau  jika rencana kenaikan tersebut jadi dilakukan,” tandasnya.

Dia menambahkan, produksi tembakau nasional masih tergantung kepada pabrikan rokok atau industri nasional. Sehingga, yang paling terkena dampak paling buruk adalah di arus bawahnya.

“Yakni petani tembakau. Perlu kami sampaikan kepada Menkeu, dalam ekosistem industri tembakau walaupun yang dipukul adalah industrinya tetapi yang akan jatuh adalah petaninya,” tegas Agus.[sas]

 

Loading...
Baca Juga :   Transjakarta Target Dapat Rp 100 Miliar dari Nontiket
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Gaet Investor, Jabar Akan Gelar West Java Investment Summit 2019

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Kemenkop: Waspadai Modus Penipuan Bank Gelap Berkedok Koperasi

Published

on

Continue Reading

Daerah

Besok Menhub Resmikan Bandara Letung Kepulauan Anambas

Published

on

Bandar Udara Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…