Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Peringati Hari Sampah Sedunia, SBCA Ajak Perangi Sampah Plastik

Published

on

Mataram, Realitarakyat.com – Momentum 21 September yang dijadikan sebagai hari bersih sedunia, selain di laksanakan di sejumlah lokasi di pulau Lombok. Kegiatan serupa yang di motori SBCA (Selong Belanak Comunity Association) juga menggelar acara serupa di kawasan pantai Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, NTB Sabtu (21/9/2019) dengan melibatkan warga lokal dan puluhan WNA.

Pantaun Realitarakyat.com di lokasi kegiatan, pelaksanaan event bersih pantai atau Clean Beach tersebut berlangsung meriah, sejumlah lomba di gelar oleh panitia untuk menarik simpati warga, antara lain lomba balap karung, lomba memasukkan bola dalam kotak dan lomba memungut sampah.

Ketua SBCA (Selong Belanak Comunity Association). Purnama, mengaku tema kegiatan saat ini ‘Kami Cinta Selong Belanak’ lahir dari harapan semua pihak agar kondisi kebersihan, keindahan, kerapian serta kenyamanan kawasan pantai Selong Belanak tetap terhindar dari kondisi kumuh dan kotor.

SBCA sebagai organisasi perkumpulan pelaku usaha pariwisata hotel, Villa dan Restauran di kawasan pantai Selong Belanak, telah menjadikan kegiatan bersih-bersih pantai (Clean Up Beach) sebagai agenda rutin setiap satu kali seminggu yakni hari Sabtu. “Kami dari SBCA punya inisiatip agar mulai sekarang dan kedepan kawasan pantai Selong Belanak bersih dari sampah.” katanya.

Menuruntya SBCA yang lahir setahun lalu adalah perkumpulan yang konsent akan kebersihan pantai terutama dari sampah plastik, hal ini di sebabkan sampah plastik bisa merusak ekosistem laut dan isinya jika di biarkan tanpa di buang jauh-jauh. “Kami tetap akan mengkampanyekan akan arti penting dari kenersihan,” terangnya.

Purnama, menyebutkan sampah yang sudah terkumpulkan tetap memiliki nilai tinggi jika akan di kelola ulang atau daur ulang. Namun hingga saat ini pihaknya belum memiliki mesin daur ulang sampah, sehingga ada kendala dalam proses kedepan pihaknya akan berupaya untuk memiliki mesin daur ulang sampah, agar lebih memudahkan. “Kendala saat ini kami belum memiliki mesin daur ulang sampah,” terangnya.

Baca Juga :   Syahrial Lantik Dewas PDAM Tirta Kualo Tanjung Balai 2016 - 2019

Sebelumnya kata Purnama, pihaknya telah nenjalin kerjasama dengan pihak ke tiga untuk akses daur ulang yaitu IDPM namun sekarang kontrak kami dengannya sudah putus.

Sementara itu Ketua Persatuan Hotel dan Restaurant (PHRI ) Lombok Tengah, Lalu Fathurrahman, mengatakan kehadiran SBCA sangat besar mamfaatnya sebagai asosiasi guna mencegah keberadaan sampah di kawasan pantai Selong Belanak yang rame di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi bagi asosiasi SBCA yang sudah eksis bergerak dalam bidang sampah,” sebut owner Villa Sempiak di kawasan Selong Belanak. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pantai Karangjahe Masuk Nominasi Lomba Desa Wisata Nasional

Published

on

Continue Reading

Daerah

Polres Tanjungbalai Musnahkan 18.880,43 Gram Sabu dan 9.840 Butir Ekstasi

Published

on

Continue Reading

Daerah

Danramil Kota Soe Pimpin Pemadaman Karhutla

Published

on

Continue Reading




Loading…