Connect with us

Pilkada 2020

Parpol Pemenang Pemilu Belum Tentu Menangi Pilkada

Published

on

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan digelar beberapa dalam beberapa bulan lagi. Sejumlah prediksi pun mencuat, hingga perkiraan kepala daerah yang terpilih akan didominasi oleh partai politik pendukung Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

“Prediksi tersebut tidaklah valid dan tidak dapat dijadikan acuan,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, Jumat (20/9). Hal itu menurutnya karena dalam pilkada, nilai jual berasal dari visi misi setiap pasangan calon kepala daerah.

“Dan bukan parpol yang mengusung. Selain itu, dalam pilkada yang dipilih adalah figurnya dan bukan partainya. Partai hanya sebagai perahu atau kendaraan politik saja,” ujarnya.

Selain visi misi, lanjutnya, akademisi Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) tersebut menegaskan, strategi dan figur seorang calon juga menjadi penentu untuk lolos dalam pilkada. Dia menegaskan Pilkada 2020 akan tergatung dari berapa banyak strategi dan kekuatan finansial.

“Bilamana tidak tersusun rapi, maka potensi menang pun akan tipis. Soal kandidat independen, saya pesimis akan ada kepala daerah dari jalur non parpol,” ucapnya.

Pasalnya, banyak calon yang maju melalui jalur tersebut, banyak yang tidak menang. Hal itu berdasarkan pengalaman pilkada sebelumnya. “Calon dari independen banyak yang tidak menang. Jadi, akan tipis kemungkinan potensi kemenangan bila melalui jalur independen,” tandasnya.[sas]

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Daftar Bacalon Walikota Solo, Gibran Ngomong soal Ini

Published

on

Continue Reading

Hiburan

Mongol Stress Ikut Maju Calon Wali Kota Manado

Published

on

dok instagram mongol stress
Continue Reading

Daerah

Bakal Daftar Di DPP Besok, Relawan: Semua Persyaratan Gibran Sudah Siap

Published

on

Continue Reading




Loading…