Connect with us

Nasional

Soal Penundaan Pengesahan RKUHP, Fahri Sarankan Presiden Gelar Rapat Konsultasi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyarankan Presiden Jokowi untuk melakukan rapat konsultasi bersama pimpinan DPR RI terkait permintaan penundaan Rancangan Undang-Undang RKUHP.

Usulan rapat konsultasi tersebut, sambung dia, dalam rangka memberikan penjelasan secara komplit kepada Presiden.

“Mungkin keinginan presiden belum mendapatkan penjelasan yang komplit. Karena itu saya mengusulkan agar presiden mengadakan rapat konsultasi dengan pimpinan DPR pada hari Senin (23/9/2019), sebelum disahkan menjadi UU pada Selasa (24/9/2019),” kata Fahri, saat dihubungi, Jumat (20/9/2019).

Fahri menjelaskan, permintaan penundaan yang disampaikan Presiden, sangat bertolak belakang dengan proses yang telah dilakukan DPR dengan pemerintah.

“Saya yang mengerti bahwa seluruh menteri ke DPR membawa Surat Presiden (Supres), datang dengan maindset bahwa presiden menginginkan adanya penyederhanaan UU dengan berlakukan KUHP baru. Sehingga seluruh UU yang pernah diproduksi, menyebabkan begitu banyak sumber hukum di negara kita, itu akan didorong mengikuti pasal KUHP,” ujar dia.

“Jadi madzhab yang diusulkan oleh presiden dengan mengatakan bahwa harus disederhanakan UU-nya itu, adalah mazhab kodifikasi UU, itu yang kami mengerti,” pungkasnya. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Pemerintah Diminta Jaga Data Hasil Survei BPS

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Kebutuhan 120 Ribu Jamaah Haji Indonesia, Koperasi Iko Sero Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang ke Saudi

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kontak Senjata di Papua, Tim Gabungan TNI-Polri Lumpuhkan Seorang KKB

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending