Connect with us

Nasional

Sedang Di Eropa, Aher Tidak Penuhi Panggilan KPK

Published

on

Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher, tidak bisa penuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aher dipanggil sebagai saksi untuk kasus dugaaan suap proyek Meikarta.

“Bapak tidak bisa hadir karena sedang di Eropa,” ujar Usep yang merupakan asisten pribadi Aher saat dihubungi, Jumat (20/9). Seperti diketahui, Aher dijadwalkan diperiksa KPK pada hari Jumat untuk Sekertaris Daerah (Sekda) nonaktif Jabar Iwa Karniwa.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IWK,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Sebelumnya, pada 27 September lalu KPK juga memeriksa Aher terkait proyek Meikarta.

Saat itu, Aher mengungkapkan bahwa KPK mempertanyakan fungsi Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD), yang merupakan lembaga non permanen yang memberi rekomendasi terkait izin Meikarta.

Rekomendasi BKPRD selanjutnya diserahkan kepada Dinas Pemanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, untuk ditindaklanjuti. “Kita jelaskan, sebelum izin-izin tersebut dikeluarkan oleh DPM PTSP, harus ada rekomendasi dari terlebih dahulu dari BKPRD. BKPRD dipegang oleh Pak Sekda Iwa Karniwa,” papar Aher.

Aher menambahkan, sebelum dipimpin Iwa, BKPRD sempat digawangi mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Sampai akhirnya pada 2018, Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) – termasuk BKPRD – dibubarkan dan diserahkan ke dinas terkait.

“Maka, diserahkanlah tugas dan fungsinya ke Dinas Bina Marga dan penataan ruang,” ucap Aher. Namun, dirinya membantah pernah menandatangani perizinan Meikarta.

Begitu juga dengan rekomendasi Perda Pemkab Bekasi tentang RTRW. Karena biasanya, rekomendasi Perda yang diajukan bupati/walikota, masuk ke mejanya. “Setelah selesai diparaf oleh semua pihak, baru saya tandatangani. Nah, sampai saya pensiun, belum masuk itu,” tegasnya.[sas]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Pemerintah Diminta Jaga Data Hasil Survei BPS

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Kebutuhan 120 Ribu Jamaah Haji Indonesia, Koperasi Iko Sero Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang ke Saudi

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kontak Senjata di Papua, Tim Gabungan TNI-Polri Lumpuhkan Seorang KKB

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending