Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Jajaran Bawaslu Diminta Tingkatkan Kepercayaan Publik

Published

on

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum, M. Afifuddin. (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Jajaran Badan Pengawas Pemilu daerah diminta untuk terus meningkatkan kapasitas dan kepercayaan publik. Khususnya dalam melakukan pengawasan jelang Pilkada Serentak 2020.

“Gelaran pemilihan selayaknya pertandingan sepak bola, dimana pengawas diposisikan sebagai wasit yang harus menjaga independensi. Yakni dengan meningkatkan kapasitas dalam melakukan pengawasan dan penanganan pelanggaran,” kata anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Mochammad Afifuddin, Jumat (20/9).

Menurutnya, semakin independen maka kepercayaan publik juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu dia mengingatkan pentingnya menjaga kinerja untuk tetap profesional dan tidak berpihak.

“Soliditas antardivisi menjadi kunci penting dalam mencapai kesuksesan dalam menjaga keadilan pemilu. Terlebih di usia Bawaslu yang masih terbilang muda,” uajrnya.

Dikatakan, usia yang masih dikatakan muda dengan kewenangan besar, membuat arah tumbuhnya Bawaslu ditentukan oleh kerja sama antardivisi yang ada. Hal itu penting untuk memahami bahwa percuma memiliki senjata untuk berperang namun tidak dapat menggunakannya.

“Percuma kewenangan yang luar biasa, kalau kita tidak bisa menafsirkan bagaimana kewenangan digunakan,” tandasnya. Dia menegaskan, di mata publik yang disorot adalah kelembagaan secara keseluruhan dan bukan kinerja masing-masing divisi.

“Sehingga, peningkatan kapasitas dan soliditas antardivisi menjadi ujung tombak penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. Jadi, kalau bicara pengawasan, artinya semuanya,” imbuh dia.

Dia menambahkan, kinerja Bawaslu dilihat sebagai produk. Pengawasan yang dilakukan juga menjadi produk yang paling baik. “Kita perlu sisihkan energi untuk prestasi, tapi kita juga perlu menyisakan enegi besar untuk evaluasi tentang apa kekurangannya,” tukas Afifuddin.[sas]

 

Loading...
Baca Juga :   Optimalkan Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Siapkan Perbawaslu
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Panglima TNI dan Kapolri Gelar Apel Keamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Published

on

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar apel persiapan keamanan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019. (foto:ist/net)
Continue Reading

Nasional

Moeldoko: Tak Boleh Demo Agar Pelantikan Presiden Bisa Khidmat

Published

on

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko / Net
Continue Reading

Nasional

Rentan Konflik dan Berbiaya Tinggi, Pengamat ini Sarankan Pilkada Dikembalikan ke DPRD

Published

on

Pengamat politik, Munandi Saleh (foto:ist/net)
Continue Reading




Loading…