Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Amandemen UUD 1945, Sri Bintang Tuding Amien Rais Jalankan Perintah AS

Published

on

Sri Bintang Pamungkas dan Amien Rais. (foto: ist/net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Aktivis Demokrasi, Sri Bintang Pamungkas menuding ada campur tangan Amerika Serikat dalam perubahan (amandemen) kelima Undang-Undang Dasar 1945. Pasalnya, kata Sri Bintang, pada masa awal reformasi, Menteri Luar Negeri AS Madeleine Albright bertemu dengan Amien Rais.

“Dan saya mendapatkan informasi itu (amandemen UUD) adalah intervensi dari Amerika Serikat. Pada 1999, Menlu Madeleine Albright pada masa Presiden Bill Clinton itu, mendatangi Amien Rais, supaya dirinya mengubah UUD 1945,” ujar Sri Bintang, saat ditemui Realitarakyat.com, di Gedung Djoang, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Bintang menambahkan, aksi serupa juga didukung oleh pemilik Lippo Group, James Triady. “Karena James Triady itu dimintai tolong oleh Bill Clinton untuk menjatuhkan Soeharto. Saya juga menjatuhkan Soeharto, tetapi saya tidak seperti China-China itu. Karena begitu Soeharto jatuh, China-China itu punya misi lanjutan, yakni mengubah UUD 1945,” tuturnya.

Sebelumnya, Bintang menyebutkan bahwa proses amandemen konstitusi Republik Indonesia ini, tidak lah sah. Karena diubah oleh Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) yang tidak sah.

“Pasalnya, hasil Pemilu 1999 itu tidak ditandatangani oleh seperempat anggota KPU saat itu, tetapi ditandatangani oleh Habibie (yang saat itu menjabat sebagai Presiden), karenanya kita menganggap MPR saat itu palsu,” jelasnya.

Kemudian, kata Bintang, selama masa pemilu 1999, tidak ada satu pun partai politik yang mengkampanyekan akan mengamandemen konstitusi. “Jadi atas dasar apa mengamandemen itu, karena tidak ada yang mengusulkan,” ungkapnya. (ndi)

Loading...
Baca Juga :   AJI Senang Jokowi Cabut Remisi Pembunuh Wartawan
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Presiden Berhak Tak Keluarkan Perppu

Published

on

Pengamat Politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Nasional

Banyak Daerah Tak Cukup Serius Persiapkan Pilkada

Published

on

Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Robert Endi Jaweng. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Nasional

Daerah Belum Tuntaskan NPHD, Kemendagri Turun Tangan

Published

on

Ilustrasi. (Ist/Net)
Continue Reading




Loading…