Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

Pansus Pemindahan Ibukota Akan Bahas Hasil Kajian Pemerintah

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Hasil kajian pemerintah soal pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur akan dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) Pemindahan Ibukota DPR RI. Itu, guna menyikapi surat dari Presiden Joko Widodo kepada DPR RI.

“Menyikapi surat dari Presiden, pada rapat di Bamus (Badan Musyawarah) dan kemudian hasilnya disampaikan ke rapat paripurna, disepakati dibentuk Pansus Pemindahan Ibukota,” kata Ketua Pansus Pemindahan Ibukota DPR RI, Zainuddin Amali, pada sebuah diskusi di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Menurutnya, dalam penetapan Pansus Pemindahan Ibukota, pada rapat paripurna, Selasa (17/9/2019), jumlah anggota Pansus seperti pansus lainnya yakni sekitar 30 orang dari semua fraksi. Tapi, kata dia, waktu kerjanya sangat singkat hanya tujuh hari.

“Hasil pembahasan dari pansus ini sudah harus disampaikan paling lambat pada 30 September, yakni pada hari terakhir masa tugas anggota DPR RI periode 2014-2019,” katanya.

Presiden mengirimkan surat berikut lampirannya ke DPR RI, menurut dia, tujuannya agar dalam membuat keputusan Presiden tidak berjalan sendiri, tapi bersama DPR RI.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, dalam sepekan pansus akan melakukan kerja, yakni mempelajari dan membahas hasil kajian yang dilakukan pemerintah soal pemindahan ibukota negara, yang merupakan lampiran dari surat kiriman Presiden ke DPR RI.

Namun, karena waktu kerjanya sangat singkat, hanya sepekan, maka Pansus akan meminta penjelasan dari kementerian dan lembaga yang terlibat melakukan kajian.

Menurut dia, pada pembahasan dalam rapat pansus, hasil kajian tersebut akan dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar.

Pertama, terkait dengan pembiayaan, yakni pembiayaan berbagai hal dan pembangunan infrastrukur. Kedua, lokasi dan lingkungan, yakni lingkungan fisik dan non fisik. Ketiga, aparatur beserta produk regulasi yang dibutuhkan. [ipg]

Baca Juga :   Masinton: Yang Dilakukan Agus Rahardjo Merusak Tata Negara
Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Jika Masuk Koalisi, Ngabalin Minta PAN Tak Labil

Published

on

Ali Mochtar Ngabalin / Net
Continue Reading

Politik

Gerindra Bakal Jadi Oposisi Jika Dapat Jatah Ketua MPR

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Politik

Pengamat Ini Sebut Koalisi Pemerintah Sulit Bertahan Jika Gerindra Gabung

Published

on

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro / Net
Continue Reading




Loading…