Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

Keributan di DPD RI Karena Saling Intrupsi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Suasana dalam Rapat Paripurna Luar Biasa Dewan Pimpinan Daerah RI mendadak tak karuan. Hujan intruspi dari anggota DPD RI pun membuat suasana “seperti di pasar”.

Mereka saling berebut bicara karena masalah Tata Tertib yang menjadi pembahasan di DPD RI. Nyaris, sesama senator adu jotos karena pembahasan itu.

Meski berlangsung ricuh, Tatib yang menjadi pembahasan itu tetap saja disahkan. Itu semua bermuara karena “berebutan” masalah kursi pimpinan DPD yang kian memanas.

Ada yang menyebut pengesahan Tatib ini adalah taktik. Terlebih, ada sejumlah nama sebagai pimpinan yakni Nono Sampono, GKR Hemas, La Nyalla Mattalitti dan Jimly Asshiddiqie.

Kericuhan itu bermuara ketika senator asal Riau, Intsiawati Ayus mengintrupsi yang mempertanyakan aganda rapat paripurna ini mengenai laporan Badan Kehormatan mengenai Tatib atau langsung disahkan.

Intruspi Ayus itu pun tak digubris oleh pimpina rapat yakni Wakil Ketua DPD Ahmad Muqowam, yang pada akhirnya memicu sahut menyahut intrupsi anggota lain. Namun, intruspi itu lagi-lagi tak diindahkan.

Begitu juga senator asal Sulteng, Nurmawati Dewi Bantilan melakukan intruspi ditengah kegaduhan. Dia terus menghujani intrupsi yang akhinya menyebutkan pengesahan Tatib ini tidak sah.

“Ini tidak sesuai prosedur. Tanggal berapa panmusnya. Ini melanggar. Ini tidak benar. Rapat tidak sah. Ini melanggar UU. Ini melanggar MD3,” kata Nurmawati.

“Panmus kapan. Coba dijelaskan panmus kapan. Ini semena-mena,” kata dia.

Namun, intrupsi itu pun tak digubris oleh Muqowan. Hujan interupsi yang tidak henti-henti, tetapi Muqowam malah mempersilakan Ketua Badan Kehormatan Mervin Sadipun Komber untuk melaporkan rancangan tatib.

Hujan interupsi pun langsung tak terbendung. Tiap anggota DPD langsung berteriak dengan menyalakan mikrofon di meja masing-masing. Lantas, sejumlah anggota mulai berdiri tak karuan, akhrinya mereka saling tunjuk menunjuk. Bahkan saling aksi dorong antara sesama senator. [ipg]

Baca Juga :   Belum Ada Pembahasan Penambahan Kursi di MPR
Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Pengamat Ini Sebut Koalisi Pemerintah Sulit Bertahan Jika Gerindra Gabung

Published

on

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro / Net
Continue Reading

Politik

Gerindra Masuk Koalisi, Timbulkan Kecemburuan Partai Lain

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Politik

Pancasila Harus Ada dalam Sendi UU

Published

on

Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Haryono / Net
Continue Reading




Loading…