Connect with us

Nasional

Hindari Konflik Horizontal, KPU Perpendek Masa Kampanye Pilkada

Published

on

Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Wahyu Setiawan. (foto: ist/net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah merumuskan pembatasan masa kampanye pada Pilkada Serentak 2020. Hal itu bertujuan untuk menghindari reduksi potensi gesekan akibat kepentingan politik dari masing-masing calon kepala daerah yang akan bertatung pada Pilkada nanti.

Demikian dikemukakan komisioner KPU, Wahyu Setiawan, dalam keterangannya kepada wartawan, di kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

“Tegasnya begini, kita akan merumuskan untuk memperpendek masa kampanye dalam Pilkada 2020. Tujuannya, untuk menghindari reduksi potensi gesekan akibat kepentingan politik dari masing-masing calon kepala daerah yang akan bertarung nanti,” ujar Wahyu.

Terkait hal itu, pihaknya telah menerima berbagai masukan dari sejumlah partai politik yang meminta supaya masa kampanye di Pilkada 2020 tidak terlalu panjang, sebagaimana yang terjadi pada pemilu lalu.

“Keinginan ini adalah komunikasi antara partai politik bersama kami untuk mempersingkat waktu menjadi tiga bulan yang sebelumnya tujuh bulan. Dan saat ini kami sedang merancang dengan mengkonsultasikan melalui berbagai pihak,” katanya.

Menurut dia, jika masa kampanye terlalu panjang seperti pemilu lalu, maka dikhawatirkan akan menimbulkan konflik horizontal yang tak produktif.

Sebagaimana diketahui, Pilkada 2020, akan digelar serentak di 270 daerah. Pesta demokrasi berlangsung di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Pemerintah Diminta Jaga Data Hasil Survei BPS

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Kebutuhan 120 Ribu Jamaah Haji Indonesia, Koperasi Iko Sero Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang ke Saudi

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kontak Senjata di Papua, Tim Gabungan TNI-Polri Lumpuhkan Seorang KKB

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending