Connect with us

Nasional

Walhi Kecewa Pada Jokowi

Published

on

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019) / Net

Jakarta, Realitarakyat.com – Lemahnya pengawasan pemerintah terhadap upaya restorasi ekosistem gambut, khususnya pada kawasan konsesi, dianggap sebagai salah satu penyebab utama Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan.

Demikian pendapat Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Selatan, Hairul Sobri dalam konfrensi pers di Kantor Walhi, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

“Upaya restorasi ekosistem gambut tidak berjalan pada semua wilayah konsesi, padahal pemulihan gambut harus berdasarkan kawasan atau lanskap. Kondisi ini bahkan semakin memburuk jika mempertimbangkan peningkatan data hotspot tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Hairul.

Dirinya menagih janji Presiden terpilih Republik Indonesia, Joko Widodo yang saat kampanye kemarin berjanji akan memberhentikan kasus Karhutla, proses pemulihan ekosistem, dan penegakan hukum bagi yang melanggar.

“Kami kecewa dengan Jokowi lantaran pemerintah tidak tegas menindak korporasi penyebab kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah Sumatera. Dampak Karhutla tak hanya terhadap kesehatan tetapi juga keuangan para korban kabut asap di wilayah masing-masing. Mereka harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya kesehatan,” kata dia.

“Jangan biarkan sepeser pun uang rakyat keluar untuk berobat dampak dari kebijakan yang memberikan jutaan hektar izin di bumi sriwijaya, serta kelakuan korporasi yang mengeksploitasi dan merusak kawasan-kawasan gambut.” [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Kominfo Sebut Penunjukan Dirut TVRI Baru Ada di Tangan Dewas

Published

on

Continue Reading

Nasional

Alasan Pemecatan Helmy Oleh Dewas TVRI Dipertanyakan?

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Teten Tantang Pelaku Usaha Ikut Seleksi Rekrutmen Jabatan Tinggi di Kemenkop

Published

on

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (foto: sugandi/realitarakyat.com)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending