Connect with us

Nasional

Revisi UU Dinilai Bisa Benahi KPK

Published

on

Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Rapat Paripurna DPR yang sudah mengesahkan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi, patut diapresiasi. Sebab, revisi tersebut adalah sesuatu yang sangat penting dan strategis bagi KPK.

“Apalagi bagi KPK yang sudah belasan tahun berkiprah dan dalam perjalanannya banyak sekali masalah yang membuat lembaga anti rasuah itu menjadi sangat bobrok,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane dalam siaran persnya, Rabu (18/9).

Dia juga menilai, oknum KPK semakin semaunya sendiri. Hal itu dinilainya terjadi karena tidak ada pengawasan dan merasa full power tanpa bisa tersentuh hukum.

“Dengan adanya revisi UU ini, maka arah KPK semakin jelas untuk memperbaiki kebobrokan lembaga itu. Sekaligus untuk menutup celah KPK menjadi lembaga otoriter atau menjadi ‘kerajaan’ sendiri dalam negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, IPW memberi apresiasi pada DPR yang sudah mengesahkan revisi UU KPK dalam paripurna. Menurutnya, kesadaran yang harus dibangun dan harus disadari dalam revisi tersebut adalah bahwa di republik ini tidak ada satu lembaga negara pun yang berdiri tanpa pengawasan.

“Lembaga tanpa pengawasan sama artinya membiarkannya menjadi lembaga otoriter. Sehingga, revisi UU KPK bermakna menghindarkan lembaga menjadi lembaga otoriter,” tandasnya.[sas]

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

PWI Tolak Pemberian Sanksi Lewat PP dalam Omnibus Law Ciptaker

Published

on

Continue Reading

Nasional

Pemerintah Diminta Jaga Data Hasil Survei BPS

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Kebutuhan 120 Ribu Jamaah Haji Indonesia, Koperasi Iko Sero Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang ke Saudi

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending