Connect with us

Nasional

Pansus Petakan Usulan Pemerintah soal Ibu Kota Baru

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengetok palu pembentukan Panitia Khusus (pansus) untuk mengkaji pemindahan Ibu Kota baru di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota, Jazuli Juwaini mengaku bahwa pihaknya masih melakukan pemetaan apa yang harus dikerjakan Pansus terkait dengan usulan pemerintah.

“Kami akan membuat penjadwalan, kemudian menginventarisir pihak-pihak mana saja yang diminta pendapatnya berkaitan dengan kerja Pansus ini,” kata Jazuli di Gedung DPR RI, Rabu (18/9/2019).

Dia melihat ada tiga gambaran mengenai pembahasan Pansus terkait dengan pemindahan Ibu Kota ini, misal dari segi pembiayaan seperti apa, selanjutnya infrastruktur dan lahan dan lingkungan serta apartaur beserta regulasinya.

“Saya kira kita akan kaji beberapa hal pokok besar di dalam pansus ini,” kata dia.

Dia mengatakan, Pansus akan memfokuskan kajian Pemindahan Ibu Kota ini dengan metode kuantitatif. Selebihnya, kata dia, kualitatif.

“Perbandinganya 70-30, 70 persen bagian kajian kuantitatif, dan sisanya 30 kualitatif. Sehingga surat pemerintah ini layak diteruskan atau tidak, kita punya dasar. Kita tidak boleh berdasarkan subyektifitas kita,” kata dia.

Semua fraksi, lanjut dia, harus melepas subyektifitas, sehingga kajian Pansus pemindahan Ibu Kota baru ini objektif. “Karena hasilnya menjadi sikap lembaga kita dari DPR, yang akan disampaikan respon DPR terhadap usulan pemerintah,” kata dia. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Mahfud Klaim Indonesia Sedang Hadapi Gangguan Intoleransi

Published

on

Continue Reading

Nasional

Gendong Warga Terkena Serangan Jantung, Polisi Terima Penghargaan dari Ombusman

Published

on

Anggota Polantas Polres Metro Jakarta Barat, Bripka Sigit Prabowo, saat menerima penghargaan dari Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai
Continue Reading

Headline

Indonesia Nyatakan Siaga Darurat Virus Corona, Ini Penjelasan Ketua Wantimpres

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending