Connect with us

Ragam

BPK Sebut OJK Keluarkan Rp300 Miliar Lebih Dana Tak Bermanfaat

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat ada dana sebesar Rp303,12 miliar yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak memiliki manfaat.

Hal itu sebagaimana dokumen IHPS Semester I 2019 yang diserahkan BPK ke DPR RI pada Selasa (17/9/2019).

Dalam dokumen tersebut dituliskan, OJK telah menandatangani Surat Perjanjian Sewa Gedung Wisma Mulia 1 untuk masa sewa selama 3 tahun dengan pembayaran sewa pada tahun 2016 sebesar Rp412,30 miliar dan service charge pada tahun 2018 sebesar Rp57,05 miliar.

“OJK tidak memanfaatkan Gedung Wisma Mulia I, sehingga Beban Dibayar Dimuka per 31 Desember 2018 sebesar Rp303,12 miliar tidak memiliki manfaat,” tulis dokumen yang ditandatangi oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara.

Selain itu, terdapat aset yang berasal dari ABPN yang digunakan oleh OJK tetapi tidak jelas statusnya.

Karena penyerahan aset tetap dan aset tak berwujud itu belum ditetapkan statusnya oleh Kementerian Keuangan serta belum ada berita acara serah terimanya kepada OJK. “Sehingga status kepemilikan menjadi tidak jelas,” ungkap dokumen tersebut.

BPK juga menyebutkan, ada penyimpangan peraturan dalam penganggaran OJK. Sebagaimana, realisasi anggaran untuk Bidang Perbankan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, serta Manajemen Strategis melebihi pagu anggaran yang ditetapkan dalam Laporan Singkat DPR. Masing-masing sebesar Rp38,57 miliar, Rp12,56 miliar, dan Rp526,63 miliar.

“Hal ini mengakibatkan realisasi anggaran per bidang tidak sesuai dengan anggaran yang disetujui DPR. Permasalahan ini disebabkan OJK tidak mengindahkan pagu anggaran per bidang yang disetujui DPR,” tulis BPK. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Kebakaran di Bidara Cina Hanguskan 51 Rumah

Published

on

Kebakaran di Bidara Cina / Net
Continue Reading

Ragam

Ma’ruf Amin Jabat Ketum MUI Nonaktif Sampai 2020

Published

on

KH Ma'ruf Amin / Net
Continue Reading

Ragam

Mahasiswa Tuntut Jokowi Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu

Published

on

Forum Mahasiswa Bersatu (FMB) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kampus IISIP, Lenteg Agung, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019). Mereka menuntut Presiden Jokowi menuntaskan kasus dugaan pelanggaran HAM masa lalu. (foto: walda marison/kompas.com)
Continue Reading




Loading…