Connect with us

Nasional

Pimpinan KPK Terpilih Ingatkan Pegawainya Taat Aturan

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih periode 2019-2023 Nurul Ghufron, mengingatkan kepada seluruh pegawai di lembaganya untuk taat dan siap menjalankan aturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk yang baru saja disetujui DPR RI dalam rapat paripurna, siang tadi, yakni UU KPK hasil revisi.

“KPK adalah lembaga pelaksana UU. Sehingga saya akan menerima apapun, mau berubah setelah diketok dan menjadi Perpu juga akan kami terima. Mau RUU-nya tetap tidak berubah juga akan kami terima,” kata Ghufron, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (17/9/2019).

Ghufron juga mengatakan bahwa pihaknya tidak mempersoalkan UU KPK yang baru disahkan oleh dewan tersebut. Sebab, pimpinan KPK hanya sebagai pelaksana UU yang dibuat DPR bersama pemerintah.

“Jadi positioning-nya kami adalah penegak hukum, bukan pembentuk hukum. Maka kami tidak akan masuk pada wilayah-wilayah yang dimana wilayah itu adalah wilayah politis mengenai pembentukkan hukum,”sebut dia.

Seperti diberitakan, rapat Paripurna DPR resmi mengesahkan Revisi UU KPK menjadi UU. Setidaknya ada tujuh poin yang disepakati Baleg DPR bersama Pemerintah terkait revisi UU KPK.

Berikut ini tujuh poin tersebut:
Kedudukan KPK sebagai lembaga penegak hukum berada pada rumpun kekuasaan eksekutif yang dalam pelaksanaan kewenangan dan tugasnya tetap independen; pembentukan Dewaan Pengawas; pelaksanaan penyadapan; mekanisme penghentian penyidikan dan atau penuntutan terhadap perkara tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK.

Selanjutnya, koordinasi kelembagaan KPK dengan lembaga penegak hukum yang ada sesuai dengan hukum acara pidana, kepolisian, kejaksaan dan kementerian atau lembaga lainnya dalam pelaksanaan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi; mekanisme penggeledahan dan penyitaan; dan sistem kepegawaian KPK. (zal/ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Komunitas Ojek Online: Nadiem Makarim Lebih Dibutuhkan untuk Masyarakat Luas

Published

on

Calon Menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Prabowo Bakal Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Published

on

Prabowo sambangi Istana Negara Senin (21/10/2019) / Twitter
Continue Reading

Nasional

Tak Bertemu Jokowi, Bupati Minahasa Gagal Jadi Menteri?

Published

on

Bupati Minahasa Christiany Eugenia Tetty Paruntu / Net
Continue Reading




Loading…