Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

Paripurna DPR Akan Setujui Lima Pimpinan KPK Tepilih

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – DPR RI akan menyetujui lima pimpinan KPK terpilih, hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR dalam rapat Paripurna, Senin siang ini.

Berdasarkan jadwal yang diterima awak media, rapat paripurna rencananya akan digelar mulai pukul 13.00 WIB.

Persetujuan DPR terhadap lima pimpinan terpilih KPK dimulai dari laporan pimpinan Komisi III tentang hasil uji kelayakan dan kepatutan, serta pemilihan pimpinan KPK. Rencannya laporan tersebut rencananya akan dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III Erma S. Ranik dari fraksi Partai Demokrat.

Seperti diketahui, Komisi III DPR telah memilih lima dari 10 nama hasil pilihan panitia seleksi (Pansel) KPK. Pimpinan DPR akan meminta persetujuan dari forum rapat paripurna dan kemudian menyetujuinya, dan kemudian akan disampaikan oleh pimpinan DPR kepada Presiden untuk dilantik menjadi pimpinan KPK definitif periode 2019-2023.

Kelima nama pimpinan terpillih KPK ialah Firli Bahuri yang ditetapkan sebagai Ketua KPK yang berasal dari institusi Polri. Lalu, nama para wakil ketua terpilih KPK yakni Nawawi Pomolango (hakim); Alexander Marwata (petahana); Nurul Ghufron (dosen hukum); dan Lili Pintauli Siregar (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban).

Selain menyetujui pimpinan terpilih KPK, paripurna juga bakal mengambil keputusan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Perkawinan. Agenda strategis lainnya yakni penetapan nama-nama anggota panitia khusus (Pansus) tentang pemindahan Ibukota. [ipg]

Loading...
Baca Juga :   DPR Pertanyakan Kinerja Lemhanas
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Struktur AKD Belum Dibentuk, Ketua DPR Bantah Sengaja Ulur Waktu

Published

on

Continue Reading

Politik

Blokir Akses Internet Masyarakat Bentuk Kemunduran Demokrasi Digital

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Politik

Pelantikan Presiden, Ketua DPR Minta Gotong Royong Jaga Keamanan

Published

on

Continue Reading




Loading…