Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

Baleg DPR Targetkan Pimpinan KPK Terpilih Akan Pakai UU Baru

Published

on

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu / Net

Jakarta, Realitarakyat.com – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru terpilih, akan ‘menikmati’ Undang Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, yang saat ini sedang direvisi oleh DPR, dalam hal ini Badan Legislasi (Baleg) bersama dengan pemerintah.

Demikian disampaikan anggota Baleg DPR RI, Masinton Pasaribu ketika dihubungi, Senin (16/9/2019).

“Nanti kalau kita bahas secara intensif bersama pemerintah. Saya kira bisa selesai periode ini agar capim KPK yang baru bisa bekerja berdasarkan UU KPK yang baru,” kata Masinton.

Masinton juga memastikan, revisi UU KPK bisa rampung dalam waktu dekat. Mengingat, revisi UU a quo hanya merubah beberapa pasal saja.

“Jadi, ini bisa diselesaikan pada masa periode sekarang ini. revisi hanya merubah beberapa pasal yang terkait dengan sejumlah hal yakni dewan pengawas, penyadapan, status kepegawaian dan SP3. Karena ini revisi, tidak perlu waktu lama dalam menuntaskannya,” kata legislator PDI Perjuangan ini.

Dalam kesempatan itu, Masinton kembali menegaskan, revisi UU KPK bukan dalam rangka memperlemah lembaga ad hoc tersebut. Dalam revisi, DPR tetap memberikan kewenangan lex specalis kepada institusi anti rasuah tersebut.

“KPK tetap bisa melakukan penyadapan seperti biasa dan melalui mekanisme dewan pengawas saja. Itu karena di dewan pengawas sudah ada berbagai unsur.”

Masinton pun mengingatkan bahwa dalam pembahasan undang-undang jangan terjebak dalam narasi yang dikembangkan pihak luar. Narasinya revisi UU KPK bukan soal penguatan dan pelemahan namun perundang-undangan itu dibuat untuk mengatur.

“Tidak ada yang dihilangkan dalam kemandirian penyelidikan dan penyidikan di KPK. Penyidik harus bebas pengaruh dan intervensi pihak lain,” kata dia. [ipg]

Loading...
Baca Juga :   DPR Periode Kemarin Cenderung Tutup Diri dari Masyarakat
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Pengamat Ini Sebut Koalisi Pemerintah Sulit Bertahan Jika Gerindra Gabung

Published

on

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro / Net
Continue Reading

Politik

Gerindra Masuk Koalisi, Timbulkan Kecemburuan Partai Lain

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Politik

Pancasila Harus Ada dalam Sendi UU

Published

on

Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Haryono / Net
Continue Reading




Loading…