Connect with us

Nasional

Velix: Semua Pihak Harus Bersatu Bangun Papua

Published

on

Tokoh Muda Papua, Velix Wanggai / Realitarakyat.com

Jakarta, Realitarakyat.com – Permasalahan di Papua sangatlah luas dan kompleks, bila dilihat dari segala sisi, baik secara global, nasional ataupun lokal.

Demikian pendapat eks Staff Khusus Kepresidenan Republik Indonesia, Velix Wanggai, dalam acara dialog di kawasan Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Atas hal itu, maka dirinya menilai pembangunan dan pemulihan Papua juga Papua Barat tidak bisa diserahkan secara penuh kepada pemerintah saja.

“Secara global, dari aspek tersebut itu saja dapat dilihat bahwa tanah Papua bergabung dengan NKRI ialah paling belakang yakni pada tahun 1969. Jadi semua pihak harus melihat hal tersebut jangan membanding dengan provinsi lainnya,” kata Velix.

Berdasarkan pengamatan yang begitu luar, Velix berharap semua institusi negara dapat turut serta untuk membantu dalam pembangunan dengan tupoksinya masing-masing, agar Papua dapat terbangun dengan maksimal.

“Saat ini sesungguhnya bukan hanya soal bagaimana melakukan pemulihan, tetapi bagaimana semua institusi negara secara bergotong royong sesuai dengan kapabilitasnya masing-masing melakukan pengelolaan pembangunan bumi Cendrawasih agar lebih maksimal dapat melalui Otonomi khusus atau kajian lainnya,” kata Velix.

Menurutnya, memberikan kritik dan menyerahkan persoalan Papua hanya kepada pemerintah, bukanlah satu hal yang tepat saat ini. Menurutnya, agar Papua dapat terbangun secara baik ataupun maksimal, perlu peran semuanya.

“Momentum yang tidak begitu tepat bilamana ada yang menjatuhkan baik soal ekonomi ataupun stigma SARA saat ini. Justru baik Institusi negara ataupun elit politik dan legislatif seharusnya bersatu untuk memikirkan kemajuan negeri ini melalui papua,” kata dia. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Komunitas Ojek Online: Nadiem Makarim Lebih Dibutuhkan untuk Masyarakat Luas

Published

on

Calon Menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Prabowo Bakal Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Published

on

Prabowo sambangi Istana Negara Senin (21/10/2019) / Twitter
Continue Reading

Nasional

Tak Bertemu Jokowi, Bupati Minahasa Gagal Jadi Menteri?

Published

on

Bupati Minahasa Christiany Eugenia Tetty Paruntu / Net
Continue Reading




Loading…