Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

PKS Protes Keras Terhadap Permendag Impor Daging Tak Wajib Halal

Published

on

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini / Net

Jakarta, Realitarakyat.com – Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 29 Tahun 2019 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan serta Produk Hewan yang tidak lagi mewajibkan atau menghapus keharusan label halal, mendapat protes keras dari Fraksi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Adalah Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini yang melayangkan protes, lantaran tidak sesuai dan bertabrakan dengan aturan yang ada sebelumnya.

“Permedag ini jelas bertentangan dengan UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan produk peraturan lain karena bisa dipahami melepas tanggung jawab negara terhadap kehalalan produk yang beredar di masyarakat. Ini kemunduran luar biasa dengan semangat jaminan halal oleh negara,” kata Jazuli Juwaini dalam keterangan kepada realitarakyat.com, Minggu (15/9/2019).

Jazuli yang pernah memimpin Panja UU Jaminan Produk Halal (JPH) ini sangat menyesalkannya. Sebab Permendag yang lama (sebelum direvisi) jelas mencantumkan keharusan label halal tersebut.

“Jika ada unsur kesengajaan atas nama kepentingan perdagangan, kebijakan ini jelas tidak sensitif terhadap konsumen Indonesia, bertolak belakang dengan undang-undang dan jaminan negara atas produk halal. Kemendag seharusnya makin menegaskan aturan label halal bukan malah menghapusnya dari aturan karena Kemendag adalah ujung tombak tata niaga produk yang beredar di tanah air,” kata Jazuli.

Untuk itu, Legislator dari Dapil Banten ini meminta agar isu ini tidak berkembang dan kontraproduktif lebih baik sesegera mungkin Permendag Nomor 29/2019 itu dibatalkan atau direvisi dengan kembali menegaskan aturan label halal. Dasarnya jelas bertentangan dengan undang-undang dan aturan lain yang lebih tinggi dan lebih kuat.

“Batalkan sekarang juga, jangan sampai menimbulkan keresahan di masyarakat. Jangan sampai Permendag tersebut menjadi peluang mengalirnya produk yang tidak terjamin informasi kehalalannya. Ini jelas bertentangan dengan undang-undang jaminan produk halal dan berbagai peraturan lain,” kata Jazuli. [ipg]

Baca Juga :   Gubernur DKI Kunjungi Pasar Blok A Paska Kebakaran
Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Gaet Investor, Jabar Akan Gelar West Java Investment Summit 2019

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Kemenkop: Waspadai Modus Penipuan Bank Gelap Berkedok Koperasi

Published

on

Continue Reading

Daerah

Besok Menhub Resmikan Bandara Letung Kepulauan Anambas

Published

on

Bandar Udara Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…