Connect with us

Ragam

Anies Klaim Perluasan Ganjil Genap Berefek Positif

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid baswedan / Realitarakyat.com

Jakarta, Realitarakyat.com – Kebijakan pembatasan kendaraan bermotor lewat plat nomor kendaraan berdasarkan angka (ganjil genap), yang sejak Senin lalu diperluas, sudah memiliki efek positif.

Demikian klaim Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang juga mengaku perluasan aturan ganjil genap berdampak pada peningkatan pengguna transportasi umum.

“Oh iya tentu efektif dampaknya. Paling sederhana lihat statistik yang menunjukan perubahan positif. Jumlah penumpang transportasi umum meningkat sampai satu juta kemarin,” kata Anies.

“Itu artinya masyarakat kita memang berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Kita ingin ini bertahan terus, kalo itu bisa bertahan terus, maka insyaAllah kondisi kemacetan di Jakarta akan menurun.”

Sementara terkait polusi udara, ia menyebut hal itu dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi. Sehingga ia tak bisa menjamin kualitas polusi udara DKI Jakarta akan membaik.

“Begini, polusi udara itu faktornya banyak. Bahkan di pagi hari (dini hari) tidak ada lalu lintas pun polusi udara bisa tinggi, padahal harusnya kosong,” kata Anies.

Menurut dia, dalam mengukur dan menilai kualitas polusi udara, termasuk di Jakarta juga, tak bisa dalam satu waktu saja.

“Mengukur polusi udara itu cukup unik. Jadi kalau mengukur itu bukan hanya satu waktu, jam sekian kemudian dikatakan baik-buruk, itu rata-ratanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Anies mengeluarkan Instruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Salah satu instruksinya ialah melakukan perluasan kawasan ganjil genap di Ibukota.

Perluasan ganjil genap dengan disertai penindakan, telah berlaku pada 9 September 2019 lalu di 25 ruas jalan.

Ganjil genap diterapkan dua sesi yakni pagi pukul 06:00-10:00 WIB dan petang pada pukul 16:00-21:00 WIB, kecuali Sabtu-Minggu serta hari libur nasional. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

PKS Tolak Penarikan Subsidi Gas 3 Kg

Published

on

Continue Reading

Ragam

Prabowo Minta Prajurit TNI dan Polri Tenang Respon Dugaan Korupsi ASABRI

Published

on

Continue Reading

Ragam

Pimpinan KPU Dianggap Lakukan Pembiaran ke Tindakan Wahyu Setiawan

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending