Connect with us

TNI -POLRI

Ledakan di Mako Brimob Srondol, Mabes Polri Terjunkan Tim Jibom

Published

on

Ledakan di gudang amuniasi Mako Brimob Srondol, Semarang, Jawa Tengah. (foto: ist/net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Mabes Polri menurunkan tim penjinak bom (Jibom) dari Pasgegana atas peristiwa meledaknya gudang bahan peledak di Mako Brimob Srondol, Semarang, Jawa Tengah.

“Tim jibom dari Pasgegana Korbrimob Polri hari ini terbang ke Jawa Tengah untuk melakukan penjinakan, kemudian melakukan sterilisasi,” ujar Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Nantinya, kata Dedi, tim tersebut menyisir lokasi gudang penyimpanan bom-bom peninggalan perang dunia ke 2 itu. Bila ada yang berbahaya polisi akan melakukan disposal.

“Nanti apabila masih diketemukan yang cukup berbahaya, langkah selanjutnya dilakukan disposal, tapi tergantung pada situasi dan keamanan,” ujarnya.

Terkait ledakan tersebut, Dedi menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan pendataan. Begitu juga dengan lokasi untuk mengetahui secara pasti faktor utama terjadinya ledakan.

“Sambil menunggu tim dari jibom Pasgegana hadir melakukan olah TKP dan sterilisasi, sambil menunggu perkembangan lanjut hasil olah TKP untuk memastikan secara komprehensif apa yang menjadi penyebab utama ledakan tersebut dan informasi yang saya dapat.”

“Bom-bom sisa peninggalan perang dunia itu adalah bom-bom cukup tua kemudian memiliki tingkat sensitivitas cukup tinggi,” terangnya.

Dedi pun menjelaskan, bisa saja udara yang panas adalah pemicunya. “Namun demikian untuk hasil secara scientific, apa yang menjadi faktor dari penyebab ledakan-ledakan tersebut, nanti dari jibom akan mengecek termasuk dari inafis,” lanjut Dedi.

Sebelumnya, sekitar pukul 07:00WIB, sebuah kedakan terjadi di Gudang bahan peledak di Mako Brimob Srondol.

Menurut Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel, pihaknya telah melakukan evakuasi terhadap warga sekitar.

“Gudang tempat penyimpanan bahan peledak dan bom temuan dari masyarakat yang meledak tadi pagi sekitar jam 7. Bukan Markas atau asrama yang terbakar. Jam 8 ledakan berhenti dan saat ini dalam tahap pengamanan lokasi ledakan. Warga sudah dievakuasi sejak ledakan pertama terjadi,” katanya lewat pesan singkat. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

TNI -POLRI

Tito Karnavian Bakal Dapat Jabatan Baru dari Jokowi?

Published

on

Kapolri Tito Karnavian / Net
Continue Reading

TNI -POLRI

Polda Metro Jaya Bakal Gelar Operasi Zebra Jaya 2019

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Nasional

Polisi Super Aktif Cegah ‘Penumpang Gelap’

Published

on

Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…