Connect with us

Nasional

KLHK Selidiki Perusahaan Singapura dan Malaysia Penyebab Karhutla

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sedang menyelidiki perusahaan perkebunan asal Malaysia dan Singapura, yang sudah disegel karena turut menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah NKRI.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani saat konferensi pers di gedung Graha BNPB Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

“Sedang kami lakukan proses penyelidikan. Di antara perusahaan yang disegel, ada beberapa perusahaan yang memiliki modal dari Singapura, tiga dari Malaysia,” kata dia.

Dirinya mengaku jika pemerintah benar-benar serius akan melakukan tindakan tegas pada korporasi maupun perorangan yang melakukan pembakaran lahan untuk membuka ladang.

“Saat ini pemerintah akan sangat-sangat tegas menggunakan semua instrumen hukum yang ada. Kami akan koordinasi, kami harapkan dukungan dari bapak bupati dan walikota untuk segera melakukan sanksi administrasi pencabutan izin kepada mereka,” kata Rasio.

Pemerintah, lanjutnya, juga bekerja sama dengan kepolisian untuk menerapkan pasal berlapis sebagai efek jera. Dia juga meyakinkan proses hukum untuk pihak korporasi, termasuk perusahaan asal Malaysia dan Singapura, akan ditindak hingga menjerat individu di badan hukum.

Saat ini, dari 42 lahan milik perusahaan dan satu lahan yang dimiliki perorangan telah disegel oleh KLHK. Dari jumlah tersebut, empat korporasi telah ditetapkan tersangka dan masih dalam proses penyelidikan. (ipg)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Komunitas Ojek Online: Nadiem Makarim Lebih Dibutuhkan untuk Masyarakat Luas

Published

on

Calon Menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Prabowo Bakal Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Published

on

Prabowo sambangi Istana Negara Senin (21/10/2019) / Twitter
Continue Reading

Nasional

Tak Bertemu Jokowi, Bupati Minahasa Gagal Jadi Menteri?

Published

on

Bupati Minahasa Christiany Eugenia Tetty Paruntu / Net
Continue Reading




Loading…