Connect with us

Nasional

Wiranto Akui Tak Mudah Kendalikan Ormas

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Tidak mudah untuk mengendalikan organisasi kemasyarakatan seiring keran demokratisasi yang makin terbuka.

Demikian pengakuan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto, di Kantor Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

“Jumlah total ormas di Indonesia 424.192 ormas. Banyak juga kan,” kata Wiranto.

Ormas sebanyak itu, terdiri atas 2.880 ormas dengan SK Kemendagri, 397.241 ormas dengan badan hukum Kemenkumham, dan ormas asing di bawah Kementrian Luar Negeri sebanyak 71 organisasi.

Menjamurnya ormas itu, kata dia, terjadi setelah reformasi politik setelah orde baru tumbang, yang memudahkan pendirian ormas, bahkan secara dalam jaringan internet.

“Sejak itu telah tumbuh subur ormas-ormas yang sekarang izinnya hanya bisa dengan online,” kata bekas Ketua Umum Partai Hanura itu.

Namun, diakui Wiranto, tidak semua ormas memiliki tujuan yang baik sehingga diperlukan upaya-upaya untuk mengatasinya, terutama melalui regulasi yang disiapkan secara baik.

Persoalannya, kata dia, setiap pemerintah menyiapkan regulasi yang bersifat agak keras akan dicap oleh sejumlah pihak sebagai tindakan otoriter. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Selesaikan Kemelut LPP TVRI, DPR akan Panggil Dewas Selasa

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Jokowi Pastikan Tak Akan Kampanye Menangkan Gibran

Published

on

foto: ist/net/tribunnews.com
Continue Reading

Nasional

Maju Caketum PAN, Asman Coba Hilangkan Tradisi Calon Harus Didukung Amien Rais

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending