Connect with us

Nasional

Usai Upacara Pemakaman, Ilham Habibie: Insya Allah Bapak dan Ibu Selalu Bersatu di Surga

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Prosesi pemakaman almarhum Presiden ke 3 Prof. Dr, Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019), berlangsung khidmat. Sejumlah pejabat penting, termasuk Presiden Joko Widodo, hadir pada acara tersebut.

Putra sulung almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, menyampaikan sambutan usai pemakaman mendiang ayahnya ini.

Ilham menggambarkan suasana yang sama, ketika pemakaman ibunya, Hasri Ainun Besari atau yang biasa disapa Aiun Habibie, di tempat yang sama sembilan tahun lalu.

“Di acara yang sama 9 tahun tahun lalu, di tempat yang sama ketika pemakaman Ainun Habibie, Ibu saya, istri bapak. Sejak itu, bapak setiap hari tahlilan, tiap hari Jumat mengunjungi makam untuk berdoa, hingga akhirnya Pak Habibie dikuburkan di samping Ibu Aiun. Insya Allah mereka selalu berdua, bersatu di sisi Allah dalam akhirat, di surga, di alam barkah. Ini adalah sesuatu yang didamba-dambakan oleh bapak selama ini,” ujar Ilham.

Pada kesempatan itu, Ilham menyampaikan pengalaman sang ayah mengenai arti sebuah cinta. “Bapak memberikan contoh mengenai cinta. Yakni cinta suami istri, cinta kepada negara ini, cinta kepada sesama, dan cinta kepada dunia. Habibie adalah mencintai dan dicintai,” ujarnya menambahkan.

Dia juga mengajak semua pihak untuk belajar dari Habibie terkait sikapnya yang ditunjukkan selama ini.

“Marilah kita belajar dari seorang habibie, bagaimana beliau punya sikap. Sampai akhir hayat bapak, Bapak tidak pernah mau berhenti untuk belajar, selalu ada hal-hal yang baru yang harus kita mengerti, mulai dari tantangan masalah, sampai dengan solusi dan kemungkinan mencari sesuatu hal yang lebih baik,” katanya lebih lanjut.

Menurut Ilham, Habibie adalah sosok tidak pernah mau menyerah, tidak kenal lelah untuk mencapai tujuan.

“Kita semua tau, dalam usia yang tidak muda lagi dan kondisi menderita sejumlah penyakit, bapak tetap bersedia untuk hadir di banyak acara untuk memberikan masukan-masukan dan pendapat segalam macam nasihat yang diperlukan,” katanya.

Kemudian soal sikap Habibe, Ilham melanjutkan, ayahnya selalu terbuka, benar-benar terbuka kepada siapa saja. Selalu merangkul semua pihak, tidak membedakan antar pihak. “Bapak selalu mencoba melihat yang baik dan memenej yang kurang baik,” kata dia.

“Bapak punya jejak, punya wasiat tidak hanya di Indonesia, tetapi di berbagai belahan dunia. Seperti di Amerika, Jerman, Inggris, China, Perancis, Arab Saudi, Jepang dan sejumlah negara lainnya,” ujar Ilham menambahkan.

Tidak lupa, Ilham juga mengajak semua pihak untuk belajar soal semangatnya. Yaitu semangat yang tidak pernah kenal lelah. Bahkan beberapa saat sebelum wafat, katanya, Habibie memanggil seluruh anaknya dan memberikan nasihat agar selalu bersatu.

“Karena dengan persatuan ini, tidak hanya bisa diterapkan di lingkungan keluarga, tetapi bisa diterapkan di luar, seperti di Indonesia ini. kita adalah keluarga semuanya,” ujar Ilham lebih lanjut.

Semangat yang diterapkan Habibie selama ini, katanya, ditujukan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, negara, umat, dan dunia pada umumnya. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Pemerintah Diminta Jaga Data Hasil Survei BPS

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Kebutuhan 120 Ribu Jamaah Haji Indonesia, Koperasi Iko Sero Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang ke Saudi

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kontak Senjata di Papua, Tim Gabungan TNI-Polri Lumpuhkan Seorang KKB

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending